Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK MELENGKAPI BERKAS : Sejumlah peserta saat melengkapi pemberkasan Nomer Induk Pegawai (NIP) CPNS di Lt 10, Kantor Balaikota Depok, Kamis (17/1).
Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
MELENGKAPI BERKAS : Sejumlah peserta saat melengkapi pemberkasan Nomer Induk Pegawai (NIP) CPNS di Lt 10, Kantor Balaikota Depok, Kamis (17/1).

DEPOK–Perjalanan panjang 237 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Depok, akhirnya sampai dipenghujung juga. Kemarin, ratusan CPNS Depok begitu lapang dan gembira saat menjalankan proses pemberkasan fisik, di Gedung Dibaleka 2 lantai 10, Balaikota Depok. Tahapan terakhir tersebut, nantinya akan mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati mengungkapkan, setelah berkas tambahan peserta CPNS di cek dan diinput. Pihaknya segera mengirimkan berkas tersebut ke BKN Regional 3, di mulai 21 Januari 2019.

“Kami masih ada waktu 3 hari untuk mengecek dan input data, mudah-mudahan sebelum tanggal 21 Januari sudah selesai. Karena, imbauan dari BKN Regional 3 menginformasikan bahwa berkas dapat dikirim per tanggal 21 Januari 2019,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (17/1).

Dia mengatakan, usai berkas di periksa oleh BKN Regional 3 yang membawahi Provinsi Jawa Barat dan Banten. Seluruh peserta CPNS akan langsung mendapatkan NIP, namun apabila nomor tersebut tidak terbit itu dapat terjadi. Karena hasil validasi data tidak sesuai prosedur.

“Kami pastikan akan memverifikasi data dengan baik dan benar bersama tim dan koordinator tim, yakni Pak Kabid dan Kasubdit,” ujarnya.

Di lokasi pemberkasan, peserta CPNS mengumpulkan berkas asli hasil tes kesehatan yang meliputi Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan resume hasil pemeriksaan kesehatan. Kemudian, pas foto berukuran 3×4 dan 4×6 berlatar belakang merah, dan materai 6.000.

Sebanyak kurang lebih 20 pegawai BKPSDM diberikan mandat untuk mengecek berkas peserta CPNS. Dimana, masing-masing peserta mendatangi meja yang telah ditetapkan namanya di meja tersebut.

“Kalau data sudah dikirim ke BKN Regional 3, nanti disana ada proses verifikasi (cek) data. Terkait kapan pengumuman peserta CPNS dapat NIP kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut,” terang Mary.

Dilokasi yang sama, Halimatus Sadiyah peserta CPNS asal Jakarta Timur tidak dapat membendung kegembiraannya. Karena sudah mencapai tahap akhir penyeleksian. Dia mengaku, seluruh keluarga juga iku senang setelah bisa sampai tahapan akhir CPNS ini.

“Saya seneng banget, ini kedua kalinya saya ikut tes CPNS sebelumnya di 2014, alhamdulillah sekarang baru berjodoh. Saya mengambil formasi sebagai Guru Pendidikan Agama Islam di salah satu SD Negeri wilayah Cimanggis,” tutup Halimatus. (san)

Pemberkasan CPNS Kota Depok :

Tanggal Pemberkasan:

17 Januari 2019

Total CPNS:

– 237 Peserta

Lokasi :

– Gedung Dibaleka 2 lantai 10, Balaikota Depok

Tujuan Pemberkasan:

– Mendapatkan NIP

Berkas Yang Dikumpulkan:

– Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

– Surat Keterangan Bebas Narkoba

– Resume hasil pemeriksaan kesehatan

– Pas foto berukuran 3×4 dan 4×6 latar belakang merah

– Materai 6.000

Pengiriman Berkas:

– Ke BKN Regional 3 Jawa Barat

– Di mulai 21 Januari 2019

Tim Pengecekan Berkas:

– 20 Pegawai BKPSDM

– Kabid dan Kasubdit