DISERAHKAN : Lurah Pangkalanjati, Tarmuji memberikan SHM kepada salah satu pemilik lahan di Aula Kelurahan Pangkalanjati, kemarin. Foto : SANI/RADARDEPOK
DISERAHKAN : Lurah Pangkalanjati, Tarmuji memberikan SHM kepada salah satu pemilik lahan di Aula Kelurahan Pangkalanjati, kemarin. Foto : SANI/RADARDEPOK

DEPOK-Sama dengan kelurahan yang sebelumnya lebih dulu menerima Sertifikat Hak Milik (SHM), di program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Kemarin, Kelurahan Pangkalanjati, Cinere Depok juga baru sebagian yang diberikan. Dari 1.700 berkas baru 473 SHM yang diberikan kepada warga.

Lurah Pangkalanjati, Tarmuji mengungkapkan, hari ini (kemarin) sebanyak 473 berkas SHM diberikan Badan Pertanahan Negara (BPN Depok kepada warga. Sementara sisanya 1.227 berkas yang belum jadi akan diberikan kembali Februari.  “Sabar ya, bulan depan sisa berkas yang belum akan diberikan,” terang lurah kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Ada kabar gembira juga. Menurut lurah, BPN Depok kembali memberikan kuota 500 berkas di program PTSL 2019. Jadi, bagi warga yang belum mendapatkan jatah tahun lalu tahun ini bisa diajukan.  “Tahun ini Pangkalanjati dapat jatah lagi dari BPN. Jelas adanya PTSL ini sangat membantu warga dalam administrasi bukti kepemilikan tanah,” tegasnya.

Sementara, Satgas Pengumpul Data Yuridis (Buldadis) Tim 3 PTSL Kota Depok, Masoni mengatakan, Februari tahun ini semua berkas ajuan tahun 2018 sudah selesai. Karena akan segera dilanjutkan dengan program yang sama untuk tahun 2019. “Kami juga kejar-kejaran dengan PTSL di tahun ini. Jadi diharapkan bersabar,” ujarnya.

Kabarnya memang tahun ini akan ada kembaliu PTSL di Kota Depok. Soal kuota dia belum tahun pasti, setidaknya kalau se-Depok bisa ribuan PTSL yang akan diberikan. “Saya kurang tahu jumlahnya se-Depok,” tutupnya.(san)