MUSRENBANG: Camat Cimanggis, Eman Hidayat saat menghadiri Musrenbang di Kelurahan Pasir Gunung Selatan. Foto : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
MUSRENBANG: Camat Cimanggis, Eman Hidayat saat menghadiri Musrenbang di Kelurahan Pasir Gunung Selatan. Foto : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

CIMANGGIS – Pada Musrenbang tahun 2019, seluruh Kelurahan di Kota Depok mendapatkan dana sebesar Rp370 Juta tiap kelurahan. Dana tersebut merupakan dana kelurahan yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk seluruh kelurahan yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Depok.

Camat Cimanggis Eman Hidayat berharap dana sebesar Rp 370 juta yang diberikan ke setiap Kelurahan di Depok lebih banyak dialokasikan untuk kegiatan ekonomi masyarakat dan sosial dibanding infrastruktur.

“Yang harus ditingkatkan itu sosial budaya dan ekonomi kerakyatan. Termasuk kegiatan Posyandu, kegiatan anak-anak, pembinaan remaja. Itu harus didukung,” kata Eman, Kamis (24/1).

Dengan adanya Permendagri No 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan tak diatur alokasi penggunaan dana.

Eman berharap enam Lurah di bawah kepemimpinannya mengalokasikan 75 persen anggaran untuk sosial dan ekonomi, 25 persen sisanya untuk pembangunan infrastruktur.

“Idealnya 75 persen untuk kegiatan ekonomi masyarakat, sosial kemasyarakatan. Ini harapan saya untuk penggunaan DAU (Dana Alokasi Umum). Yang 25 persen sisanya baru infrastruktur kegiatan di masyarakat,” ujarnya.

Dia beralasan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Cimanggis sudah mencapai 90 persen dan lebih dibebankan ke APBD Depok melalui Musrembang dan Pokir DPRD Depok.

Sembari menunggu pencarian dana, Eman berharap petunjuk teknis (Juknis) Dana Kelurahan beres digodok sehingga setiap Lurah dapat mengelola uang yang diamanatkan.

“Jadi dana Kelurahan diharapkan digunakan untuk kegiatan masyarakat, pembinaan UMKM, dan pemberdayaan masyarakat. Kita tinggal menunggu mekanisme dan Juknis pelaksanaannya,” pungkasnya. (dra)