Foto : SANI/RADAR DEPOK RAPAT : Ketua Dekopinda Depok, Teguh Prajitno bersama jajaran dan sejumlah kepala OPD foto bersama setelah Rakerda Dekopinda Depok, di Gedung Balatkop Depok, Sukmajaya.
Foto : SANI/RADAR DEPOK
RAPAT : Ketua Dekopinda Depok, Teguh Prajitno bersama jajaran dan sejumlah kepala OPD foto bersama setelah Rakerda Dekopinda Depok, di Gedung Balatkop Depok, Sukmajaya.

DEPOK-Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019, Sabtu (19/1). Ada yang menarik dalam rakerda tersebut, rencananya di 2019 Dekopinda mengembangkan jaringan usaha koperasi. Acuan tersebut merujuk Perwal No42 tahun 2018.

Ketua Dekopinda Depok, Teguh Prajitno mengatakan, ini sudah rakerda ke 4. Nanti di rakerda terakhir pada Januari 2020. Kemudian dilanjut Musda Juni 2020, dari hasil musda tersebut akan tercetus pengurus baru 2021-2025.

Khusus rakerda kali ini, kata Teguh, mengevaluasi program kerja tahun lalu dan program kerja 2019. Menariknya, di 2019 Dekopinda juga mendorong jaringan usaha koperasi bidang perdagangan ritel. Hal ini dikuatkan dari perwal No42 tahun 2018, dan juga SK Kadis UMKM.

“Kami sudah tetapkan ada distributor center Dcomart. Distributor center itu kalau di wilayah timur ada Koperasi Teratai Mandiri, wilayah barat ada Koperasi Soliamitra,” terangnya kepada Harian Radar Depok, di gedung Balatkop Depok, Sukmajaya.

Menurutnya, saat ini sudah berdiri Dcomart sebanyak 10, seperti di  Jalan Kemakmuran, Kelapa Dua, Soliamitra Limo, Puri Cinere, dan beberapa lagi. Dcomartnya sudah mulai bergerak, hendaknya ditanggapi serius oleh koperasi. Supaya gebyar Dcomart itu benar-benar bermanfaat untuk koperasi itu naik kelas. Di 2019, lanjtunya diharapkan bisa terbentuk 50 ritel, yang merata di kecamatan Kota Depok. “Punya toko, simpan pinjam, tokonya sehat simpan pinjam sehat,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bidang Kelembagaan, Bambang Wiratno menyebutkan, sangat mengapresiasi pelaksanaan Rakerda yang dihelat Dekopinda Kota Depok. Ini dalam upaya mengembangkan dan membesarkan lembaga Koperasi, yang sebagai satu satunya wadah ekonomi berbasis kerakyatan. Upaya yang kini sedang difokuskan ritel Dcomart.

“Untuk bersaing dengan para pelaku usaha ritel modern, tentu dibutuhkan kualitas SDM yang mumpuni dari pengurus dan anggota Koperasi,” uangkap pria yang juga sebagai Ketua  Koperasi Teratai Mandiri.

Patauamn Radar Depok, selain diikuti ratusan anggota pengurus dan anggota koperasi. Rakerda Dekopinda Kota Depok tahun 2019 juga dihadiri sejumlah OPD Kota Depok diantaranya Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Bappeda Widyati Riyandani dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin.(san)