DIKERUK: Alat berat melakukan pengerukan Kali Pesanggrahan diwilayah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu. Foto : DICKY/RADARDEPOK
DIKERUK: Alat berat melakukan pengerukan Kali Pesanggrahan diwilayah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu. Foto : DICKY/RADARDEPOK

PASIRPUTIH – Mengatasi bencana banjir akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kota Depok, khususnya di Kecamatan Sawangan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, telah menyiagakan Satgas Banjir. Nantinya Satgas Banjir akan merespon cepat laporan masyarakat terkait banjir, longsor, dan genangan.

Kabid Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, DPUPR Kota Depok akan bergerak cepat dalam menanggapi laporan masyarakat, akibat curah hujan yang tinggi yang bukan tidak mungkin akan terjadi banjir, longsor, maupun genangan.

“Kami menyiagakan Satgas Banjir yang bersifat situasional, namun waspada,” ujar Citra.

Citra menjelaskan, sebanyak 130 anggota Satgas Banjir yang akan merespon laporan masyarakat. Mekanismenya Satgas yang bertugas di tiap UPT terdekat akan mendatangi titik lokasi sesuai laporan masyarakat. Citra menambahkan, untuk mencegah terjadinya banjir, genangan, maupun longsor, DPUPR Kota Depok telah melakukan berbagai upaya penanganan dan pencegahan.

Citra menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan penanganan, diantaranya penanganan Kali Pesanggrahan, penanganan banjir di Perumahan Bukit Cengkeh, Jalan Ridwan Rais Kecamatan Beji, dan Jalan Raya Taman Duta Kecamatan Cimanggis. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan, seperti melakukan normalisasi kali hingga melakukan penurapan.

“Masyarakat dapat melakukan pencegahan salah satunya dengan tidak membuat sampah yang dapat menghambat jalannya air saluran maupun kali,” tutup Citra. (dic)