Foto : RUBIAKTO/RADARDEPOK KOMPAK: Anggota Komik Depok saat mengadakan acara, di Taman Lembah Gurame beberapa waktu lalu.
Foto : RUBIAKTO/RADARDEPOK
KOMPAK: Anggota Komik Depok saat mengadakan acara, di Taman Lembah Gurame beberapa waktu lalu.

Mengenal Komunitas Komik Depok (2)

Di tahun politik saat ini, kritik-mengkritk menjadi hal yang biasa. Terkadang kritik yang disampaikan membuat orang marah. Tapi, adakah cara mengkritik yang tidak membuat orang sakit hati, bahkan bisa membuat orang mesem-mesem saat melihat.

Laporan : Rubiakto

Belakangan isu politik tanah air semakin hangat, banyak teman saling sindir, karena bela pilihan. Bahkan, tidak saling sapa. Padahal, mereka berteman sejak kecil. Saling sindir, dan kritik antara pendukung juga bisa menjadi penyebab keretakan di masyarakat.

Tapi menghindari hal tersebut juga menjadi hal yang mustahil. Hak demokrasi memang harus digunakan bagi setiap warga. Tapi, bagaimana cara saat melakukan kritik tidak membuatnya sakit hati. “Dengan komik!” kata Ketua Komik Depok, M Hafiz Haris.

Komik dijadikan media untuk mengkritik. “Kalau mengkritik kan enaknya yang dikritik ngga sampai marah, bahkan malah senyum. Karena dia bisa lebih menerima sindiran dengan gambar, karena disajikan dengan gambar humor,” ujar Hafiz.

Dia mengatakan, komunitasnya juga mengharamkan hoax, meskipun menyampaikan kritik mereka sangat mengharamkan hoax. Karena menurutnya hoax merupakan fitnah yang sangat merugikan. “Hoax itu merusak, karena fitnah. Meski sering menyindir, kami tidak sampai menyebarkan hoax,” kata Hafiz.

Komunitas Komik Depok salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Komik Depok ini adalah ‘Gasabar’ yaitu singkatan dari Gambar Santai Bareng. “Ini adalah salah satu kegiatan yang akan dijadikan rutinitas tiap pekannya. Dimana kami para komikus Kota Depok, menggambar bersama menggunakan media kertas,” ujar Hafiz.

Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang perkenalan antar komikus di Kota Depok, sekaligus menjadi perjalanan Komunitas Komik Depok ini. Ia berharap Komunitas ini dapat berkembang dan mendapat apresiasi dari Pemkot Depok. Karena ini adalah wadah kreatifitas anak muda di Kota Depok, sehingga bisa jadi masyarakat yang lebih berguna. “Saya berharap Komunitas Komik Depok ini akan bertambah anggotanya, dapat mengharumkan Kota Depok,” ujar Hafiz.(*)