Dedi Setiawan Koordinator Pertandingan
Dedi Setiawan
Koordinator Pertandingan

 

DEPOK – Pesilat kelahiran 2003, 2004 dan 2005 harus mulai bersiap. Sebab, pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Depok akan menggelar seleksi atlet untuk Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) 2019.

Seleksi dikemas dalam bentuk kejuaraan antar perguruan tingkat pelajar se-Kota Depok. Rencananya, seleksi akan berlangsung 9-10 Februari 2019, di GOR KONI Kota Depok, Jalan Gelatik Raya No.1, Kecamatan Pancoranmas.

Koordinator Pertandingan, Dedi Setiawan mengungkapkan, para pesilat berpotensi dari kejuaraan akan dibina oleh IPSI Kota Depok. ”Kami harap, kejuaraan ini bisa memunculkan atlet-atlet pelajar yang berkualitas,” ujar Dedi kepada harian Radar Depok, Senin (28/1).

Dia menjelaskan, pendaftaran kejuaraan dibuka sejak 18 Januari sampai 6 Februari 2019. Tanpa dipungut biaya pendaftaran. Peserta bertanding mewakili perguruannya, melampirkan surat rekomendasi dari sekolahnya masing-masing.

Setiap perguruan boleh mengirim atlet, maksimal 10 orang. Para atlet tersebut bebas memilih kelas, sesuai nomor pertandigan yang disediakan. Kejuaraan terdiri dari sembilan kelas berat badan, mulai dari kelas A sampai kelas I. Dengan rentang berat badan dari 39kg sampai 75 kg, menggunakan sistem gugur.  Selain membawa surat rekomendasi dari sekolah, lanjut Dedi, calon peserta juga wajib mengisi formulir pendaftaran.

Kemudian, melampirkan foto kopi akta kelahiran, foto kopi rapot terbaru, dan surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas. ”Bila ditemukan praktek pemalsuan administrasi, maka atlet dan perguruan tersebut akan didiskualifikasi,” tegas Dedi.

Senada disampaikan Sekretaris Jenderal IPSI Kota Depok, Tedi Purba. Dia berharap, seleksi tahun ini mampu menyaring pesilat-pesilat dengan kemampuan di atas rata-rata. ”Karena itu, semoga para perguruan menyiapkan atletnya dengan baik. Apalagi, info tentang kejuaraan ini sudah kita sebarkan sejak jauh hari,” ucapnya.

 

Politisi Partai Bulan Bintang ini menambahkan, IPSI Kota Depok sengaja membuka ruang untuk atlet di semua kelas pertandingan. Padahal, Disporyata Kota Depok hanya meng-cover delapan atlet.

”Sisanya biar kita yang tanggung. Insyaallah selalu ada jalan untuk memajukan persilatan di Kota Depok,” pungkas calon legislatif nomor urut 2 untuk daerah pemilihan Sawangan–Bojongsari–Cipayung tersebut. (mg2)

 

 

 

 

Sekilas Kejuaraan Antar Perguruan Tingkat Pelajar se-Kota Depok

 

Waktu pelaksanaan            : Sabtu – Minggu, 9 – 10 Februari 2019

Lokasi                                    : GOR KONI Kota Depok

Jalan Gelatik Raya No.1, Kelurahan

Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas

Sifat                            : Seleksi Atlet Popwilda 2019

Pendaftaran              : 18 Januari – 6 Februari 2019

Lokasi Pendaftaran : Sekretariat Gending Jagad Buana

Jalan Merdeka VI No.12, Kelurahan

Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya