RW Ramah Anak: Lurah Kalibaru, Abdul Hamid. Foto : ARNET/RADA RDEPOK
RW Ramah Anak: Lurah Kalibaru, Abdul Hamid. Foto : ARNET/RADA RDEPOK

CILODONG – Kelurahan Kaibaru terus berbenah merampungkan sejumlah RW menjadi ramah anak sesuai program yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok. Kini mereka telah menjadi empat RW menjadi tempat persinggahan anak-anak untuk bermain dan belajar.

Lurah Abdul Hamid menjelaskan keempat RW tersebut adalah RW07, 08, 09, dan 10. Sejumlah fasilitas sudah dilengkapai dengan taman baca serta permainan anak seperti ayunan, perosotan, dan spot foto untuk warga sekitar.

“Anak remaja juga harus lebih peduli terutama karang taruna RW untuk lebih aktif merangkul warga maupun remaja lainnya untuk kegiatan positif bersama. Dengan lahan yang cukup luas diharapkan anak-anak bisa bermain dengan leluasa,” kata Abdul di kantornya.

Tak henti Lurah Kalibaru ini giat mensosialisasikan RW ramah anak agar terus terlaksana. Lanjutnya, ini juga untuk kebaikan warga melakukan aktifitas acara maupun menghabiskan waktu sore bersama anak-anaknya.

“Cara sosialisasinya kami manfaatkan kader kelurahan untuk menjadi lidah penyambung antara kelurahan dengan warga. Kader PKK, Karang taruna, sampai masing-masing ketua RW berikan pemahaman secara aktif ke warga,” tambahnya kepada Radar Depok.

Saat ini, pihaknya akan menyiapkan sekitar 3 RW untuk digarap menjadi ramah anak, diantaranya ada RW 02, RW 03, dan RW 11. Namun lahan tetap menjadi kendala berdirinya lokasi RW ramah anak. Namun setiap ketua RW ditugaskan secara khusus untuk mencarikan solusi dari permasalahan ini.

“Ini program Pemkot, mari RW bersama diskusi dengan kami cari jalan keluarnya. Kita tentunya semua ingin RW ramah anak terbentuk di 11 RW yang ada di Kalibaru,” pungkasnya. (cr2)