Foto : ARNET/RADARDEPOK HASIL: Setelah mendapat pelatihan pembuatan siomay dari Pertanian Depok, KWT Cipayung menghasilkan siomay saat pelatihan di Bulak Barat RT 01/08, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung.
Foto : ARNET/RADARDEPOK
HASIL: Setelah mendapat pelatihan pembuatan siomay dari Pertanian Depok, KWT Cipayung menghasilkan siomay saat pelatihan di Bulak Barat RT 01/08, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung.

CIPAYUNG – Warga Cipayung kembali diberikan pelatihan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat, kali ini sasarannya bagi warga RT01/08 Bulak Barat, Kelurahan/Kecamatan Cipayung. Pelatihan agar Kelompok Wanita Tani (KWT) di Cipayung terus meningkat di bidang pengolahan makanan dengan bahan baku ikan.

Pelatihan ini dinahkodai dari Pertanian Kota Depok, yang diharapkan mampu untuk bersaing dalam dunia ekonomi kreatif dalam produksi makanan.

Iqbal Kalbardi, selaku penyuluh pertanian Wilayah Kelurahan Cipayung, Cipayung Jaya dan Pondok Terong, mengatakan pembekalan ini diberikan khusus kepada KWT untuk mampu mengembangkan keterampilannya.

“Setiap anggota diharap mampu mengola ikan dengan baik supaya nantinya mereka mempunyai bekal untuk mengembangkan untuk kepentingan kehidupan mereka,” kata Iqbal.

Dalam kegiatan ini, diharapkan KWT juga bisa memanfaatkan pembekalan ini untuk usaha sampingan keluarga di masyarakat. Berbagai pelatihan masak berbahan dasar ikan diberikan, seperti siomay, dim sum, keong mas, dan bakso. Namun kali ini, pembekalan masih dalam materi pembuatan siomay, nanti akan ada pelatihan lanjutan dengan bahan baku yang sama yaitu ikan.

Di samping itu, diukungan penuh diberikan Lurah Cipayung, Herman. Dirinya akan membantu koordinasi dengan warga sekitar untuk terus aktif mengembangkan apa yang sudah diberikan dalam setiap pelatihan yang didapat.

“Pelatihan ini jelas bermanfaat bagi warga saya, saya dukung sepenuhnya. Mereka harus bisa mengembangkan pembekalan yang diberikan dari setiap pelatihan-pelatihan yang sudah didapat. Ini akan membangun ekonomi mereka, kelurahan, kecamatan, sampai ke Kota,” pungkas Herman. (cr2)