KEGIATAN: SD Global Islamic Labschool (SD Glabs) mengadakan kegiatan Market Day. Foto : IMAWAN/RADAR DEPOK
KEGIATAN: SD Global Islamic Labschool (SD Glabs) mengadakan kegiatan Market Day. Foto : IMAWAN/RADAR DEPOK

CILODONG – SD Global Islamic Labschool (SD GLabs) yang berlokasi di Jalan Raya Kalimulya, No.67, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong mengadakan kegiatan Market Day. Dalam kegiatan yang diadakan di lingkungan sekolah tersebut, siswa yang menjadi penjualnya adala siswa tingkat kelas IV dan V, serta ada beberapa guru yang ikut berjualan.

Ketua Panitia Market Day, Liza Afrilia mengatakan, sementara siswa kelas IV dan V berjualan, yang menjadi pembelinya adalah siswa yang lainnya, yakni dari tingkat kelas I, II, III, dan VI. Tidak hanya dari lingkungan SD saja, tetapi dari unit TK yang berada di dalam satu kawasan juga bisa menjadi pembelinya.

“Ini adalah kegiatan untuk siswa dari siswa. Jadi, siswa yang berjualan dan siswa juga yang membelinya,” ucapnya kepada Radar Depok.

Liza menuturkan, dalam kegiatan Market Day tersebut, total ada 30 stan jualan, dimana tiap kelasnya diberikan kesempatan untuk membuka lima stan, dan tiap stan-nya ada 4-6 siswa. Mereka berjualan makanan tradisional dan modern, minuman olahan dan kemasan, dan alat tulis atau aksesori.

“Tiap kelompok ada tugasnya masing-masing tiap anggotanya. Ada yang menjadi bagian promosi, kasir, dan ada yang melayani,” katanya.

Liza menjelaskan, sebelum pelaksanaan siswa-siswa diberikan kesempatan untuk berpromosi tentang apa yang mereka jual, dengan membuat pamflet, brosur, dan lain-lainnya. Siswa juga diberikan kesempatan untuk berkeliling lingkungan sekolah di sebelum hari pelaksanaan.

“Tiap stan modal berdagangnya maksimal Rp400 ribu. Lalu keuntungannya akan dijadikan infak dan untuk kelompok tersebut. Ini semua (Market Day), tentunya untuk menumbuhkan sikap entrepreneur sejak dini,” terangnya. (mg)