Dok. MotoGP ELEGAN: Motor dari tim Petronas Yamaha SRT.
Dok. MotoGP
ELEGAN: Motor dari tim Petronas Yamaha SRT.

 

JAKARTA – Tim debutan MotoGP, Petronas Yamaha SRT resmi meliris tampilan motornya pada Senin (28/1). Mereka menjadi tim ketiga yang melakukan hal tersebut setelah Ducati dan Repsol Honda.

Petronas Yamaha SRT memperlihatkan bentuk motor yang akan digunakannya pada kompetisi Moto3, Moto2, dan MotoGP. Bersamaan dengan itu, diperkenalkan pula para pembalap yang nantinya akan bersaing.

“Ini menjadi hari spesial bagi kami dan tidak akan bisa dilupakan. Kami terkadang berpikir bagaimana bisa berada di tempat ini sekarang. Sebab jika melihat ke belakang, kami hanya tim di Moto3 pada tahun 2015,” ucap CEO Sepang, Ahmad Razlan Ahmad Razali sebagaimana dilansir dari Sky Sports.

Sebagai catatan, untuk kompetisi Moto3, tim tersebut akan diwakili oleh dua pembalapnya, yakni John Mcphee dan Ayumu Sasaki. Sementara untuk Moto2, mereka mengandalkan pembalap lokal, yaitu Khairul Idham Pawi.

Sedangkan untuk MotoGP, mereka akan menurunkan Fabio Quartano dan Franco Morbidelli. Uniknya, dari kedua pembalap tersebut, hanya Morbidelli yang diberikan motor dengan spesifikasi sama seperti tim pabrikan Yamaha.

Terkait hal tersebut, Razali mengungkapkan tidak mudah untuk dapat memiliki tim di tiga kasta kompetisi balap motor sekaligus. Dia mengaku harus menjalani jalan berliku untuk dapat membawa tim ini tampil di MotoGP.

“Saya sampai ditolak sebanyak dua kali saat menyerahkan proposal untuk memimpim sebuah tim. Namun, saat penyerahan ketiga akhirnya dapat diterima. Alhasil seperti yang banyak orang bilang, sisanya merupakan sejarah, dan selanjutnya adalah masa depan,” imbuhnya. (JPC)