Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK TARGET PEMASANGAN WIFI : Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, kemarin. Pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Depok menargetkan 50 titik fasilitas wifi dan akan bekerjasama dengan pihak pengelola fiber optik yang telah terpasang di sepanjang Jalan Margonda hingga simpang Ramanda.
Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
TARGET PEMASANGAN WIFI : Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Margonda Raya, kemarin. Pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Depok menargetkan 50 titik fasilitas wifi dan akan bekerjasama dengan pihak pengelola fiber optik yang telah terpasang di sepanjang Jalan Margonda hingga simpang Ramanda.

DEPOK-Tahun ini Pemkot Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), bakal memasang 50 spot wifi di Jalan Margonda. Sayangnnya, niat baik pemerintah tak sejalan dengan kahalayak. Warga menilai pemasangan wifi di Margonda dinilai tidak berpihak dengan masyarakat kecil.

Warga Kota Depok, Jati Ronggo mengatakan, pemanfaatan wifi di Kota Depok belum maksimal. Menurutnya, pemanfaatan wifi di Kota Depok belum tepat sasaran, karena hanya menjangkau orang-orang tertentu. Masih banyak warga yang belum menjangkau, salah satunya dengan password. “Wifi gratis kok pakai password sama aja bohong, ada wifinya tapi ngga bisa dipakai,” terang pria yang tinggal di Sumajaya, kepada Harian Radar Depok.

Belum lagi, penempatannya yang tidak berpihak dengan rakyat kecil. Dia mengatakan, selama ini penempatan wifi dinilai tidak tepat. “Kenapa pemasangan wifi hanya di Jalan margonda?. Kalau di Margonda kan tempat orang, rata-rata memiliki uang untuk membeli kuota,” kata Jati.

Kenapa pemasangan wifi gratis tidak dilakukan di kawasan pemukiman, perkampungan. Menurutnya itu lebih efektif, karena para orang tua juga perlu melek internet. “Para orang tua juga
harus melek internet, guna memantau pergaulan anak-anaknya,” tegasnya.

Demi menfasilitasi warga mengakses informasi pelayanan publik, Diskominfo telah menyediakan fasilitas wifi gratis di 150 lokasi fasilitas umum (fasum). Penyediaan ini juga berlanjut di tahun 2019, dengan target sebanyak 50 titik fasum.

“Untuk titik-titik pastinya belum kita pastikan. Tetapi, tahun ini kita akan bekerja sama dengan pihak pengelola fiber optik yang telah terpasang di sepanjang Jalan Margonda hingga simpang Ramanda,” tutur Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono.

Sidik menjelaskan, pemasangan wifi gratis di beberapa titik juga berdasarkan permintaan masyarakat. Menurutnya, lokasi yang akan dipasang wifi akan dilihat terlebih dahulu dari sisi kelayakan dan pemanfaatannya.

“Setiap lokasi yang akan dipasang wifi akan dilihat sisi kelayakannya dulu, apakah di lokasi tersebut sudah ada jalur kabel fiber optik yang bisa dihubungkan atau belum. Kemudian kita juga akan mempertimbangkan dari sisi pemanfaatannya, karena kita tidak ingin wifi yang sudah terpasang nantinya terbengkalai begitu saja,” ujarnya.

Dia merinci, hingga tahun 2018 pihaknya telah memasang wifi gratis di 150 titik yang tersebar di Kota Depok. Titik yang menjadi lokasi di antaranya kantor kelurahan, tempat ibadah, balai warga, hingga tempat umum lainnya.

“Pemasangan wifi ini sebagian besar berdasarkan permintaan dari warga. Untuk itu, bagi warga yang ingin mengajukan permohonan pemasangan wifi dapat mengajukan surat secara resmi ke Diskominfo Kota Depok di lantai 7, Gedung Dibaleka II,” tandasnya.(rub)