IST Budayawan Jaya Suprana. Pandangan dan Harapan Budayawan Jaya Suprana.
IST
Budayawan Jaya Suprana.
Pandangan dan Harapan Budayawan Jaya Suprana.

 

Budayawan Jaya Suprana menaruh harapan besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan seni musik di Indonesia.

 

=================

Harapan itu disampaikan pria plontos kelahiran Denpasar Bali 27 Januari 1949 usai pergelaran konser musik “263 Tahun Wolfgang Amadeus Mozart, 70 Tahun Jaya Suprana” di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Minggu (27/1) malam.

“Dan kita butuh dukungan sekarang justru dari bangsa Indonesia ini supaya menghargai pemusik pemusik muda Indonesia, luar biasa,” Kata Jaya.

Ketua MURI Indonesia ini mengatakan, sudah semestinya musik Indonesia menjadi tuan rumah di rumah sendiri. Seniman dan pelaku industrinya mendapat apresiasi sehingga semangat bermusiknya tetap terjaga.

“Saya sangat bersyukurlah ini saya berhasil menemukan bakat bakat pemusik Indonesia yang sudah kelas dunia,” kata Jaya Suprana.

Dalam pementasan seni musik yang digelar Minggu malam, Jaya Suprana menampilkan pianis tunggal yaitu Iravati Sudiarso dan Anna Volovitch dari Rusia. Selain itu, tampil juga para murid dan guru di Jaya Suprana School of Performing Arts.

Jaya Suprana juga menampilkan dua pianis tunggal luar biasa penyandang tuna netra yakni Michael Anthony, Ade “Wonder” Irawan.

Budayawan dan pianis ini lulus dari sekolah musik Jerman Musikhochschule Muenster dan Folkwanghochcshule Essen dengan predikat summa cum laude.

Keahlian dan kepiawaiannya di seni musik mendorongnya untuk mendirikan sekolah musik Jaya Suprana School of Performing Arts. (*)