IMMAWAN/RADAR DEPOK SELEKSI BERJALAN: Kepala Pelatih tim Pelajar Kota Depok, Masyanto menyampaikan eveluasi pada sesi latihan pertama kepada para pemainnya di Lapangan Sepak Bola Jembatan Serong
SELEKSI BERJALAN: Kepala Pelatih tim Pelajar Kota Depok, Masyanto menyampaikan eveluasi pada sesi latihan pertama kepada para pemainnya di Lapangan Sepak Bola Jembatan Serong. Foto:IMMAWAN/RADAR DEPOK

DEPOK – Persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) terus digiatkan oleh para pengurus cabang olahraga. Tidak terkecuali, di cabang olahraga sepak bola.

Usai menjalani tiga tahap seleksi terbuka, mereka memulai rangkaian seleksi berjalan terhadap 35 pemain yang sudah terpilih.

Kepala Pelatih tim pelajar Kota Depok, Masyanto menjelaskan, seleksi berjalan dilakukan dengan menilai performa para pemain melalui sejumlah sesi latihan bersama.

“Sesuai program yang sudah kami buat, sementara latihan bersama dijadwalkan dua kali seminggu,” ujar Masyanto kepada Harian Radar Depok, Selasa (29/1).

Sesi latihan fokus mengukur kemampuan pemain dalam hal passing, passing kombinasi, back pass, wall pass, first touch dan situasi game 1vs1.  ”Menu latihan berbeda di setiap sesi. Mengacu program latihan yang suda dibuat,” imbuhnya.

Menurut Masyanto, dia ingin mengasah basic skill pemain. Meliputi, passing, control, dribbling, melundungi bola dan penempatan posisi.  Dia ingin para pemainnya memiliki pemahaman yang baik dalam situasi menyerang dan bertahan. Serta menjaga keseimbangan tim di situai unggul, maupun ketinggalan poin.

”Intinya, tim harus dibangun atas dasar kebersamaan dan kepercayaan,” paparnya.

Karena itu, lanjut Masyanto, pihaknya menekankan pentingnya menjaga kekompakan. Menjaga attitude, dan respect pada sesama pemain dan pada pelatih.  “Attitude dan respect itu bisa dimulai dengan datang tepat waktu di sesi latihan,” ucapnya.

Menurut Masyanto, pihak Disporyata sudah menagih nama-nama pemain untuk tim utama. Namun, pihaknya merasa belum menemukan komposisi pemain yang cocok. “Kami akan mulai pencoretan nama pemain di sesi latihan selanjutnya. Mudah-mudahan tim utama sudah terbentuk di sesi latihan ke-4,” papar Masyanto.

Setelah tim utama terbentuk, lanjutnya, tahap persiapan akan lebih intensif. Yakni, latihan tiga kali seminggu, dengan sejumlah pertandingan uji coba. Masyanto berharap segera menemukan pemain idamannya. Yaitu pemain yang tidak hanya memiliki tehnik yang baik, juga memiliki daya juang yang tinggi.

”Dengan semangat juangnya itu, semoga para pemain bisa mengantarkan Kota Depok sebagai pemenang Popwilda. Dan mendapat kesempatan bertanding di Popda,” pungkasnya.(mg2)