DINILAI: UPF Puskesmas Villa Pertiwi di Kecamatan Cilodong, satu dari tujuh puskesmas yang lulus akreditasi dari Kementerian Kesehatan.
DINILAI: UPF Puskesmas Villa Pertiwi di Kecamatan Cilodong, satu dari tujuh puskesmas yang lulus akreditasi dari Kementerian Kesehatan.

IST

DEPOK – Tujuh Puskesmas di Kota Depok sudah lulus akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Semua puskesmas tersebut telah menjalani proses penilaian di tahun 2018.

“Kita sangat bersyukur semua puskesmas yang tahun kemarin mengikuti penilaian akreditasi sudah dinyatakan lulus,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari.

Tujuh puskesmas yang telah lulus tersebut mendapatkan status akreditasi yang berbeda-beda. Untuk status akreditasi madya diraih Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Abadijaya, UPF Puskesmas Mekarsari, UPF Puskesmas Villa Pertiwi, UPF Puskesmas Pengasinan, dan UPF Puskesmas Baktijaya.

Kemudian, untuk status akreditasi dasar diperoleh UPF Puskesmas Duren Seribu dan UPF Puskesmas Harjamukti.

“Status akreditasi berbeda-beda sesuai dengan hasil nilainya, dan tentunya juga disesuaikan dengan sarana prasarana yang ada pada Puskesmas tersebut,” jelasnya.

Enny menambahkan, tahun 2018 ada 12 puskesmas yang mengikuti penilaian akreditasi. Lima puskesmas masih menunggu pengumuman akreditasi. “Yaitu UPF Puskesmas Rangkapan Jaya, UPF Puskesmas Tanah Baru, UPF Puskesmas Sukatani, UPF Puskesmas Cimpaeun, dan UPF Puskesmas Tugu,” tutupnya. (rub)