HATI_HATI: Toko Hubas man yang berada di kawasan cipayung, dan enam cabang yang ada di Kota Depok siap membantu keluhan yang di alami warga. Foto : RUBIAKTO/RADAR DEPOK
HATI_HATI: Toko Hubas man yang berada di kawasan cipayung, dan enam cabang yang ada di Kota Depok siap membantu keluhan yang di alami warga.  Foto : RUBIAKTO/RADAR DEPOK

DEPOK– Setiap sore hari saat bubaran kantor, Kota Depok selalu diguyur hujan, kondisi jalan menjadi basah dan licin. Ditambah, kepadatan pengguna jalan yang pulang dari aktifitas. Kondisi tersebut tentu sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

Kasat lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengatakan, belakangan kondisi cuaca di Kota depok memang selalu diguyur hujan.  Kondisi jalan menjadi basah dan licin. “Ya faktor cuaca mempengaruhi lalu lintas juga,” kata Kompol Sutomo kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Dia juga mengatakan, saat ini belum ada kecelakaan yang di sebabkan cuaca, mungkin karena arusnya padat. Jadi orang tidak pada ngebut. “Belum ada kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal dunia,” terangnya.

Namun demikian, dia tetap meminta agar masyarakat agar tetap bersabar, patuh dan tertib pada rambu lalu lintas. “Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” tegasnya.

Warga Kecamatan Pancoranmas, Yasmin mengatakan, kondisi saat hujan sangat  membahayakan bagi pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. Kondisi jalan yang licin sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan tunggal.

“Jalanannya jadi licin kalau hujan, kaya di Jalan margonda dan Jalan Juanda. Kalau di Jalan juanda dari arah Jakarta kan langsung belik kiri dan menurun, kalau ngga hati-hati banyak yang jatuh,” ujar Yasmin.

Sementara, menurut PIC Hubas Ban, Indera Tri Agus mengungkapkan, untuk menghindari slip saat hujan sebaiknya masyarakat memilih ban yang banyak memiliki alur/pattern ban.

“Sebenernya, ban bawaan motor itu sudah baik, yang perlu di perhatikan pengguna motor saat musim hujan, ban itu mesti punya alur pattern yang cukup untuk pembuangan alur air,” kata pengusaha ban yang memiliki toko Ban di Jalan Juanda tersebut.

Dia mengatakan, sebelum bepergian sebaiknya pengguna sepeda motor memperhatikan beberapa hal. Agar aman mengatasi ban selip agar motor tidak terjatuh. “Periksalah ban kendaraan anda sebelum digunakan, jangan melakukan pengereman secara mendadak atau tiba-tiba, dan kurangi kecepatan,” tegasnya.(rub)