ARNET/RADAR DEPOK BAHAYA: Petugas Satpol PP bersama Panwascam Cipayung, Rabu (30/1), menurunkan APK yang dipasang di menara Sutet.
ARNET/RADAR DEPOK
BAHAYA: Petugas Satpol PP bersama Panwascam Cipayung, Rabu (30/1), menurunkan APK yang dipasang di menara Sutet.

 

CIPAYUNG – Bersatu dengan Satpol PP Kota Depok, anggota Panwascam Cipayung menyisir setiap jalan dan sudut yang menampilkan pemandangan penuh dengan spanduk, banner, dan alat peraga kampanye (APK) lainnya.

Pesta demokrasi membuat lingkungan wilayah Cipayung dipenuhi ratusan APK yang mengenalkan caleg-caleg kota, provinsi, maupun pusat. Tak jarang juga kedua capres dan cawapres menjamur dimana-mana. Saking fanatiknya, ada APK yang dipasang di atas menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet).

“Dalam Peraturan KPU tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Legislatif, alat peraga kampanye tidak boleh dipasang di tempat-tempat antara lain, jalan protokol, di dekat rumah ibadah, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik, taman dan pepohonan,” kata Ketua Panwascam Cipayung, Dede Yusipa kepada Radar Depok.

Meski cuaca tidak menentu akhir-akhir ini, tidak mengendurkan tanggung jawab semangat Panwascam Cipayung.

Setiap APK yang terpampang di sejumlah pepohonan, jalan, dan lainnya digarap habis, tanpa terkecuali. Penertiban yang berjalan dari hari Jumat (25/1) hingga Rabu (30/1), sebanyak 38 personel diterjunkan untuk melakukan penertiban APK yang menyalahi aturan. Satpol PP kota 12 orang, Satpol kecamatan 5 orang, Panwaslu  3 orang, Staf panwaslu  3 orang, panwas kelurahan  5 orang.

“Kita belum rekap total APK pastinya, sekitar 750-an lah dari segala jenis. Ayo dewasa dalam melakukan perkenalan diri kampanye APK,” ujar Dede.

Koordinator SDM Panwascam Cipayung, Yayat Supriyatna menjelaskan, sosialisasi dan kesepakatan cara main APK sudah diketahui bersama dan sebenarnya jangan lagi ada caleg yang tidak mengikuti aturan sebab ini justru menjelaskan kualitas caleg tersebut.

“Kepada peserta pemilu atau caleg agar memasang segala jenis APK ditempat yang telah ditentukan   KPU  dan ini sudah disoalisasikan kepada peserta pemilu terkait zona pemasangan APK,” ujar Yayat. (cr2)