ULTAH: Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok dan pengurus, saat menghadiri HUT PDI Perjuangan di Kemayoran, Jakarta.

 

ULTAH: Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok dan pengurus, saat menghadiri HUT PDI Perjuangan di Kemayoran, Jakarta.(FotoRICKY/RADAR DEPOK).

 

DEPOK – Debat kandidat Calon Presiden dan Wakil Presiden kembali akan digelar di Hotel Sultan Jakarta, 17 Februari 2019 dengan tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo meyakini Pasangan Calon Nomor Urut 1, Jokowi-Ma’ruf dapat menyelesaikannya dengan baik tanpa kesulitan.

Menurut pria yang akrab disapa HTA ini, bagi Jokowi yang memiliki modal sebagai Presiden RI, tentu tidak akan kesulitan menghadapi pertanyaan seputar tema tersebut.

“Tentunya saya meyakini Jokowi telah menyiapkan diri untuk menghadapi debat kandidat putaran kedua dengan isu Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Infrastuktur,” kata HTA kepada Radar Depok, Rabu (30/1).

Ia mengungkapkan, sesuai yang disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto beberapa waktu lalu, yakni energi juga muncul dari dalam, dari keluarga yang baik-baik, sehingga menghasilkan energi yang baik.

“Jadi energi jangan dianggap sesuatu hal yang membangkit listrik, tetapi dukungan dari keluarga, cucu dari semua itu sebuah energi positif. Masa lalu positif itu juga memberikan energi yang baik masa depan,” urainya mengutip pernyataan Hasto.

Namun, sambung HTA, Jokowi tidak hanya bicara tentang apa saja yang sudah dilakukan terkait isu-isu di atas. Tetapi, presiden Ke-7 Indonesia ini bakal menawarkan program-program andalan kedepannya.

Ia menganggap era kepemimpinan Jokowi, Indonesia telah mampu membawa semua energi mix policy. Di mana tenaga baru dimanfaatkan dengan baik, dan ini pertama kalinya.

“Tenaga air, waduk-waduk dibangun sehingga terintegrasi dengan upaya menyejahterahkan petani,” tuturnya.

Bahkan, HTA yang kembali mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Kota Depok Dapil 1 (Pancoranmas) nomor urut 1 dari PDI Perjuangan ini, pemerintah telah berhasil melakukan divestasi saham Freeport dan mengembalikan dua blok minyak, yakni Rokan dan Mahakam ke tangan perusahaan nasional. Hasto menduga, Jokowi akan mengangkat keberhasilannya itu dalam debat.

“Tentu saja Jokowi akan mengangkat tema berdaulat. Kedaulatan di bidang energi itu diperjuangkan dengan baik. Tapi keadilan dalam energi itu juga diperjuangan dengan baik,” terangnya.

Tidak hanya itu, di era pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, telah banyak mengembangkan energi terbarukan, seperti membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sulawesi Selatan. Pembangkit itu digerakkan dengan 30 kincir angin.

“Banyak pembangunan yang telah dilakukan pak Jokowi di era kepemimpinannya, karena itu mari lanjutkan perjuangan itu hingga dua periode,” tutup HTA. (cky)