ARNET/RADAR DEPOK BERSINERGI: Jajaran K3D dan Komunitas Foodtruck Kuliner akan berkolaborasi memberdayakan pelaku UMKM.
ARNET/RADAR DEPOK
BERSINERGI: Jajaran K3D dan Komunitas Foodtruck Kuliner akan berkolaborasi memberdayakan pelaku UMKM.

>> Akan Berdayakan Pelaku UMKM

SUKMAJAYA – Sejalan dengan tujuan memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Komunitas Foodtruck Kuliner Kota Depok menggandeng Komunitas Kampung Kita Depok (K3D).

“Kami datang ke sini (Saung K3D, red) ingin berkolaborasi dengan K3D membuka kuliner. Sesuai namanya, foodtruck, kami menjual kuliner memakai mobil,” kata Ketua Komunitas Foodtruck Kuliner, Jack Wiliam kepada Radar Depok, Rabu (30/1).

Jack menjelaskan, sejak berdiri setahun silam, tepatnya 2018, Komunitas Foodtruck Kuliner membuka usaha di luar Depok. Biasanya pada saat event tertentu seperti bazar.

“Kami melihat di Depok ini sangat minim tempat untuk warga berkumpul tapi dengan biaya murah. Jadi ya biasanya kami bermain di luar Depok, karena ada banyak komunitas seperti kami di kota-kota lain,” kata Jack.

Atas dasar itu, Komunitas Foodtruck Kuliner mengajak K3D untuk bekerja sama dengan menyediakan lahan milik PT Pertamina agar bisa dijadikan tempat berjualan.

“Kami juga ada koperasi, pendidikan baik formal maupun non-formal. Misalnya perbengkelan atau membuat mobil dijadikan tempat kuliner. Ada juga teman-teman yang ngajar les anak sekolah, tapi baru lewat door to door. Konsep ini yang ingin kami kembangkan bersama K3D,” kata Jack.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina K3D, Bowo, menyambut baik ajakan kolaborasi dari Komunitas Foodtruck Kuliner. “Oh ayo, boleh. Kapan kita mulai. Kami sangat mau,” kata Bowo didampingi Wakil Ketua K3D, Denny Romulo Hutauruk.

K3D, sambung Bowo, memiliki tujuan membuka tempat bagi pelaku UMKM seperti yang dilakoni Komunitas Foodtruck Kuliner.

“Selagi tujuannya baik, sama dengan K3D, kami sangat mau. Ini kan mau membuka lapangan usaha juga buat warga. Misal kalau tempat usaha itu ramai pengunjung, warga setempat bisa mencari rejeki dengan menjaga parkir,” katanya. (cr2)