IST TURUN LAGI: Lee Chong Wei sudah mulai menjalani latihan rutin jelang rencana comeback-nya di Malaysia Terbuka 2019 bulan April mendatang.
IST
TURUN LAGI: Lee Chong Wei sudah mulai menjalani latihan rutin jelang rencana comeback-nya di Malaysia Terbuka 2019 bulan April mendatang.

MALAYSIA – Maestro bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei sudah mulai menjalani latihan rutin jelang rencana comeback-nya di Malaysia Terbuka 2019 bulan April mendatang. Pelatih kepala tunggal putra Malaysia Datuk Misbun Sidek menuturkan bahwa kekuatan fisik Chong Wei megalami penurunan cukup drastis setelah istirahat selama enam bulan belakangan.

Untuk diketahui, Chong Wei divonis menderita kanker hidung pada bulan Juli tahun lalu. Penyakit itu membuat Chong Wei harus menjalani pengobatan hingga akhir tahun 2018. Chong Wei dinyatakan sudah boleh berlatih kembali di bulan Januari setelah sel kanker di hidungnya berhasil dimusnahkan.

“Kondisi fisiknya jelas belum 100 persen pulih. Banyak aspek yang harus dikembalikan oleh Chong Wei. Kekuatannya sudah menurun, ototnya pun sudah sedikit lembek. Tapi dampak seperti ini tentunya sudah kami duga sebelumnya,” ujar Misbun seperti dilansir dari thestar.com.

Meski demikian, Misbun mengatakan bahwa rencana Chong Wei untuk kembali ke lapangan pada bulan April adalah hal yang sangat realistis. “Kalau dia bisa latihan setidaknya dua jam dalam sehari dan melakukannya 20 kali dalam sebulan, saya yakin dia bisa kompetitif di Malaysia Terbuka 2019 nanti,” kata Misbun.

Tak cuma itu, Misbun juga meyakini Chong Wei sanggup berbicara banyak di turnamen perdananya itu nanti.

“Chong Wei bukan tipe pemain yang bertanding karena dia mau. Dia adalah orang yang punya target, dan ketika dia sudah main, pasti dia akan main habis-habisan untuk menang. Untuk saat ini, jelas dia belum siap mengikuti turnamen. Tapi saya percaya dia bisa tampil dalam performa terbaiknya ketika sudah kembali nanti,” ujar Misbun. (JPC)