SANI/RADAR DEPOK KUNJUNGAN: Ratusan pelajar SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Hikmah mendapat informasi tentang Pemerintah Kota Depok saat outingclass, di Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok, kemarin (30/1).
SANI/RADAR DEPOK
KUNJUNGAN: Ratusan pelajar SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Hikmah mendapat informasi tentang Pemerintah Kota Depok saat outingclass, di Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok, kemarin (30/1).

 

PANCORANMAS – 183 siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Al Hikmah mengunjungi Kantor Pemerintahan Kota Depok. Kegiatan kunjungan tersebut dalam rangka outingclass atau belajar di luar ruang kelas, kemarin (30/1).

Guru SMPIT Al Hikmah, Yulismar mengatakan, biasanya siswa melakukan outingclass ke tempat wisata atau tempat edukasi lain. Namun, mulai tahun ini ratusan siswa kelas VII tersebut belajar lebih mendalam tentang Kota Depok beserta sistem pemerintahannya.

“Kegiatan ini bermanfaat untuk menambah wawasan siswa, khususnya tentang tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) yang dilakukan lembaga pemerintah. Sekaligus mengenalkan kepada siswa terkait proses pengambilan keputusan untuk publik,” katanya kepada Radar Depok, usai pengenalan Kota Depok, di Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok.

Dia menjelaskan, outingclass ke lembaga pemerintahan ini masuk dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sehingga teori yang didapat siswa selama belajar di kelas, dapat langsung diterapkan saat kegiatan ini.

Kegiatan serupa juga dilakukan siswa kelas VIII di Kantor DPRD Kota Depok. Yulismar melanjutkan, untuk kelas IX berkunjung ke DPR RI pada 6 Februari 2019.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Dokumentasi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Syafrizal menyambut baik kunjungan para pelajar tersebut. Pada kesempatan itu, dirinya menerangkan profil Pemkot Depok, mulai dari visi-misi, sejarah, logo, hingga program unggulan Kota Depok.

Dikatakannya, Kota Depok memiliki visi mewujudkan kota yang unggul, nyaman, dan religius. Sementara itu, program unggulan Kota Depok adalah, Zero Waste City, Smart Healthy City, dan Family Resilience City.

“Mudah-mudahan dengan lebih mengenal Pemkot Depok, tumbuh nilai-nilai kebanggaan menjadi warga Kota Depok,” ujarnya.

Senada dengan Syafrizal, Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok, Hestyana pun ikut menyambut baik kegiatan ini. Dia berharap, supaya sekolah lain mengikuti SMPIT Al Hikmah untuk melaksanakan outing di Pemkot Depok.

“Kami sambut baik sekali, karena fasilitas yang Pemkot Depok memiliki juga sudah cukup untuk kegiatan outingclass. Ada Perpustakaan juga yang sudah canggih,” tutup Hestyana. (san)