Beranda Metropolis Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

0
Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat
SELALU SIAP: Petugas Satpol PP Kota Depok mencoba menghadang pengunjuk rasa saat simulasi dalam rangka HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas di Lapangan Balaikota Depok, Rabu (27/3). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
SELALU SIAP: Petugas Satpol PP Kota Depok mencoba menghadang pengunjuk rasa saat simulasi dalam rangka HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas di Lapangan Balaikota Depok, Rabu (27/3). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai garda terdepan yang selalu siap sedia membantu masyarakat dalam keadaan apapun, di usianya ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-100 Pemadam Kebakaran, dan HUT ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), diharapkan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya bidang pembangunan nasional.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna selaku Inspektur Upacara di Lapangan Balaikota Depok, Rabu (27/3). Guna mendukung kinerja ketiga unit abdi masyarakat ini, dia juga mengajak masyarakat untuk menyatukan persatuan bangsa.

“Momentum HUT ini harus dijadikan untuk meneruskan dedikasi dan perjuangan serta pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat. Melihat tugas ketiganya sangat berat yakni mengawasi segala kondisi termasuk ketertiban umum di masyarakat,” kata Pradi.

Dia mengungkapkan, dalam rangka meningkatkan kinerja menanggulangi bencana kebakaran dan perlindungan masyarakat, serta ketertiban umum. Pemerintah Kota Depok akan melakukan penguatan kapasitas kelembagaan sub urusan kebakaran dan ketertiban umum, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur.

Serta melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana penunjang dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Dengan cara, menambah alokasi anggaran untuk memadai kebutuhan ketiganya.

“Kami juga akan mengalokasikan anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal berpedoman peraturan menteri dalam negeri yang terkait penyusunan RKPD dan APBD Kota Depok,” paparnya.

Pada perayaan HUT ketiga instansi pemerintahan itu, tidak hanya dihadiri aparatu sipil negara (ASN) lingkungan Pemkot Depok, tetapi juga perwakilan dari aparatur Pemadam Kebakaran di Jabodetabek dan Kota Cirebon.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, pihaknya merasa terhormat bisa diundang untuk menghadiri acara tersebut. Pasalnya, Damkar dan Penyelamatan Kota Depok dan Damkar Kota Bogor mampu memperkuat sinergitas demi pelayanan kepada masyarakat.

“Kerja sama keduanya sudah berjalan lama, karena beberapa wilayah kita berbatasan langsung dengan Kota Depok,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dengan Damkar dan Penyelamatan Kota Depok guna melindungi masyarakat. Untuk itu, pihaknya memiliki agenda kegiatan yang dilakukan bersama seperti latihan setiap satu tahun sekali.

“Kami juga berharap Pemadam Kebakaran memiliki undang-undang (UU) tentang kebakaran. Hal ini agar Damkar memiliki kewenangan lebih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (san)