CAPAI TARGET: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyerahkan dana yang terkumpul dalam kegiatan Bulan Dana PMI 2018 kepada Wakil Ketua I PMI Kota Depok, Eka Bactiar, di Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok, kemarin (21/3). Foto: Sani / Radar Depok
CAPAI TARGET: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyerahkan dana yang terkumpul dalam kegiatan Bulan Dana PMI 2018 kepada Wakil Ketua I PMI Kota Depok, Eka Bactiar, di Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok, kemarin (21/3). Foto: Sani / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok berhasil mengumpulkan dana Rp1.115.178.000, dengan capaian target sebesar 103 persen. Dana sebesar itu dari Bulan Dana PMI periode Desember 2018 hingga 28 Februari 2019. Padahal sebelumnya diperkirakan, dana yang di targetkan kurang lebih Rp1.079.000.000.

Wakil Ketua I PMI Kota Depok, Eka Bachtiar mengatakan, ini merupakan capaian terbesar selama pengumpulan dana di Bulan Dana PMI Kota Depok. Dimana, tahun 2017 hanya mencapai 52 persen, dan tahun 2018 naik dua kali lipat.

“Capaian ini megukir sejarh, karena baru pertama kali Bulan Dana PMI melampaui target. Sumbangsih kemanusiaan memang butuh keikhlasan dan memiliki nilai sosial yang tinggi. Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya,” kata Eka kepada Radar Depok, di Gedung Dibaleka 2 Balaikota Depok, kemarin (21/3).

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Depok, Imron Maulana menuturkan, pencapaian target ini berkat kontribusi dari sekolah negeri, Forum Koordinasi  Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan para stakeholder. Serta peralihan sistem penggalangan dana pun juga sangat berpengaruh besar dalam mencapai target.

“Dari SD negeri saja kami bisa mengumpulkan sebesar 800 jutaan pakai amplop yang sifatnya sukarela tidak lagi pakai kupon yang telah ditetapkan seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya.

Karena yang menjadi sasaran baru lingkup sekolah negeri, rencananya PMI Kota Depok akan menyasar hingga ke sekolah swasta. Supaya dana yang terkumpul dalam Bulan Dana 2019 dapat melebihi target kembali.

“Di mulai 2019 ini akan sampai ke sekolah swasta, targetnya bisa Rp 2 Miliar mudah-mudahan. Nantinya, ke OPD juga akan pakai sistem amplop tidak lagi kupon,” terang Imron.

Di lokasi yang sama, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana pada kegiatan Bulan Dana PMI 2018.

“Program kemanusiaan ini sangat bergantung pada kepedulian, serta partisipasi masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pihak yang telah berpartisipasi,” tutup Pradi. (san)