RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok sedang merumuskan konsep pembuatan griya pamer yang akan dibuka di alun-alun Kota Depok.

Griya pamer diciptakan sebagai etalase, produk, budaya, kesenian yang ada di Kota Depok. Nantinya, produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM milik Kota Depok akan dipajang di alun-alun, guna memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat luas.

Kabid Perdagangan Disdagin, Anim Mulyana mengatakan, pelaku UMKM yang ada di Kota Depok sangat potensial. “Nanti kita akan pajang hasil industri dari UMKM yang ada di Kota Depok, bagus dan tidak kalah bersaing,” kata Anim.

Namun demikian, pihaknya mengaku belum mempersiapkan konsep yang akan digunakan dalam pembukaan griya pamer. “Belum ada, paling tidak nantinya seperti dekranasda,” ujarnya.

Menurutnya, konsep pembangunan griya pamer sangat bergantung pada instrumen lainnya. “Nanti ada satu gedung di alun-laun, yang akan dibuat rumah produksi, rumah kemasan, dan griya pamer,” kata Anim.

Rumah produksi dibuka sekaligus workshop untuk memperkenalkan produk asli Kota Depok, setelah itu, masuk ke Rumah Kemasan, untuk kemudian dipasarkan di griya Pamer.

“Tapi itu baru rencana, saat ini kan pembangunan alun-alun belum selesai, lagi pula untuk menciptakan itu harus bersinergi dengan dinas terkait,” tukas Amin. (rub)