Beranda Satelit Depok Gesit Pondok Petir Perang Melawan Jentik

Gesit Pondok Petir Perang Melawan Jentik

0
Gesit Pondok Petir Perang Melawan Jentik
Anwar Nasihin, Lurah Pondok Petir
Anwar Nasihin, Lurah Pondok Petir

RADARDEPOK.COM, PONDOKPETIR – Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, terus meningkatan pemberantasan jentik nyamuk untuk menghindari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun Chikungunya. Melalui Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (Gesit) Pondok Petir, Kelurahan Pondok Petir kerap berburu jentik ditengah masyarakat.

Lurah Pondok Petir, Anwar Nasihin mengatakan, Gesit Pondok Petir sudah terbentuk sejak beberapa bulan yang lalu. Gesit merupakan sekumpulan kader Jumantik yang konsisten melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah masyarakat yang tersebar diwilayah Pondok Petir.

“Seminggu sekali Gesit melaksanakan aksinya melakukan perburuan jentik,” ujar Anwar kepada Radar Depok, kemarin.

Anwar mengungkapkan, nantinya satu kader inti Gesit akan bertugas ditiap RW dengan dibantu dua kader dari tiap RT, kader Gesit akan melakukan pemeriksaan untuk berburu jentik. Apabila ditemukan jentik, Kader Gesit akan melakukan penanganan dengan melakukan gerakan Tiga M, yakni menguras, mengubur, menutup.

Anwar menuturkan, kader Gesit berkoordinasi dengan UPT Puskesmas Kecamatan Bojongsari untuk penanganan selanjutnya, salah satunya dengan pemberian bubuk Abate. Tidak hanya lingkungan rumah masyarakat, saluran air lingkungan tidak luput dari perburuan kader Gesit yang nantinya akan disinergikan dengan pengurus lingkungan.

“Dengan upaya optimal kami harapkan masyarakat Pondok Petir dapat terhindar dari penyakit DBD dan Chikungunya,” tutup Anwar. (dic)