LATIH: Peserta memperhatikan materi saat berlangsungnya pelatihan bagi Kader Posyandu dan Posbindu se Kecamatan Cilodong, Kantor Aula Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Foto: Arnet / Radar Depok
LATIH: Peserta memperhatikan materi saat berlangsungnya pelatihan bagi Kader Posyandu dan Posbindu se Kecamatan Cilodong, Kantor Aula Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Foto: Arnet / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Puluhan kader Posyandu dan Posbindu se-Kecamatan Cilodong menerima pelatihan yang dipimpin langsung Ketua Kader Posyandu dan Posbindu Kota Depok, Elly Farida, di Aula Kantor Kecamatan Cilodong.

Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, juga turut serta mengisi materi.

Setelah usai pelatihan, Camat Cilodong, Mulyadi menegaskan ini harus menjadi peningkatan kulitas dan kapasitas setiap kadernya yang bergerak langsung ke masyarakat dalam memantau kesehatan balita, anak, maupun lansia.

“Ini kesempatyan yang luar biasa dalam meningkatkan semua aspek. Materi diberikan langsung sama Bunda Elly. Hasil dari ini semua harus mampu dikembangkan kader dalam melayani warga dengan baik,” tegas Mulyadi di ruang kerjanya.

Lebih jauh, Mulyadi menambahkan selain bentuk fisik seperti bangunan namun Sumber Daya Manusia (SDM) dalah hal ini kader, harus diperhatikan agar berjalan seimbang.  Apabila ini berjalan secara seimbang maka pelayanan untuk warga akan maksimal.

“Insya Allah berjalan baik, yang terpenting warga terpuaskan dalam pelayanan di Posyandu dan Posbindu. Dengan begitu saya harap warga bisa lebih sering berkunjung ke Posyandu dalam mengecek kesehatan anak,” paparnya.

Saat ini meman Kecamatan Cilodong terus berupaya melakukan pembanguna Posyandu di semua titik yang belum memimiliki. Sekarang tercatat Cilodong sudah mempunyai 90 Posyandu dan 49 Posbindu tersebar di seluruh RW Kecamatan Cilodong.

Namun ada beberapa wilayah yang masih belum mempunya posyandu, bahkan ada yang sudah memiliki tapi belum mempunyai bangunan sendiri, masih menumpang dikediaman RW sekitar. Warga pun berharap agar permasalahan Posyandu segera teratasi Pemerintah Kota dalam soal pembangunan fisik sampai ke pelatihan kader. (cr2)