MENYOSIALISASI: Relawan dari SMK Taruna Bakti sedang menyosialisasikan program UMKM Go Online di Pasar Tugu. Foto: INDRA SIREGAR / Radar Depok
MENYOSIALISASI: Relawan dari SMK Taruna Bakti sedang menyosialisasikan program UMKM Go Online di Pasar Tugu. Foto: INDRA SIREGAR / Radar Depok

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Indonesia mengadakan kegiatan sosialisasi UMKM Go Online di seluruh Pasar yang ada di Kota Depok.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

RADARDEPOK.COM – Di lantai dua Pasar Tugu, Cimanggis, tampak para relawan Kominfo dari SMK Taruna Bakti Cimanggis menyosialisasikan tentang program UMKM Go Online dari lapak ke lapak pedagang di sana.

Ruli, PIC Kemenkominfo yang sedang mendampingi para relawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengajak para pedagang di pasar yang ada di Kota Depok untuk mengembangkan bisnisnya lewat media online.

“Sekarang sudah revolusi industri 4.0. itu artinya saat ini minat orang sudah lebih banyak berkutat di dunia maya sehingga para pelaku UMKM harus bisa mengikuti pasar yang ada dewasa ini,” kata Ruli.

Ruli menuturkan, dengan merambah dunia jual beli online, para pedagang akan mendapat berbagai keuntungan dan kemudahn seperti memperluas sekmentasi pasar, dan dapat menjaring pelanggang dari penjuru negeri.

“Dengan melakukan jual beli online, para pedagang tidak harus menunggu pembeli datang ke pasar,” tuturnya.

Ruli menambahkan, dalam pelaksanaanya, Kemenkomimfo menggandeng SMK Taruna Bakti untuk mengirimkan relawannya guna membantu kegiatan sosialisasi di Kota Depok. “Kita libatkan sebanyak 24 relawan dari SMK Taruna Bakti,” pungkasnya. (dra)