DISTERILISASI: UPT Pasar Tugu melakukan sterilisasi terhadap kucing–kucing liar yang biasa berseliweran di pasar. Foto: INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
DISTERILISASI: UPT Pasar Tugu melakukan sterilisasi terhadap kucing–kucing liar yang biasa berseliweran di pasar. Foto: INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TUGU – UPT Pasar Tugu melakukan sterilisasi terhadap kucing–kucing liar yang biasa berseliweran di pasar tersebut. Tujuan agar kucing–kucing tersebut tidak dapat berkembang biak.

“Kita sterilkan 14 ekor kucing jantan dan 3 ekor betina,” kata Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwanudin Nasution.

Sterilisasi tersebut dilakukan dengan cara mengkebiri kelamin kucing jantan dan juga mengikat saluran telur kucing betina, sehingga kedepannya tidak bisa lagi berkembang biak.

“Sterilisasi ini kami lakukan bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Depok karena mereka yang melakukan kegiatan operasinya,” beber Ikhwan.

Menurutnya, populasi kucing di pasar tersebut sudah sangat membelurdak sehingga mengganggu kenyamanan para pengunjung dan pedagang di pasar. Maka dari itu, pihaknya perlu melakukan sterilisasi kucing agar populasinya tidak semakin meningkat.

“Terutama kotoran kucing–kucing ini sangat bau dan suka dibuang sembarangan. Lingkungan pasar jadi tercemar,” ucapnya.

Dengan dilakukannya sterilisasi dapat menambah kenyaman para pedagang dan pengunjung yang melakukan kegiatan ekonomi di pasar tersebut.

“Ini merupakan wujud dari komitmen kami dalam meningkatkan kenyamanan para pedagang dan pengunjung,” pungkasnya. (dra)