PARENTING: Dewan guru dan orangtua siswa MI Plus Al Muhajirin Depok 2 berfoto bersama narasumber usai seminar parenting, Jumat (22/3). Foto: Sani / Radar Depok
PARENTING: Dewan guru dan orangtua siswa MI Plus Al Muhajirin Depok 2 berfoto bersama narasumber usai seminar parenting, Jumat (22/3). Foto: Sani / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Dewan guru dan orangtua siswa yang berjumlah 60 orang mengikuti seminar parenting dengan tema ‘menjadi orangtua berkualitas, anak tangguh’, di MI Plus Al Muhajirin Depok 2, Jumat (22/3). Seminar tersebut, merupakan agenda kedua di madrasah yang berlokasi di Jalan Waru Raya, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Narasumber di seminar parenting, Erna Yulianti menjelaskan, orang tua yang berkualitas adalah yang sadar dan bertanggungjawab dengan pendidikan anak. Sebab, peran orangtua bukan hanya sebagai pengasuh, tapi juga wadah pembelajaran untuk sang anak.

“Pendidikan anak tidak hanya di sekolah, namun harus mulai dari orangtua di rumah baik itu pendidikan akademis, spitual, dan emosial anak. Sehingga, jadilah orangtua yang berkualitas untuk menciptakan anak yang tangguh,” jelas Erna dalam seminar tersebut.

Karena orangtua memiliki peran yang kompleks untuk tumbuh kembang anak. Para orangtua harus memiliki proposal hidup, yang berisi rencana mereka dalam menjalani rumah tangga dengan tujuan mendidik anak.

“Suatu perencanaan (proposal) hidup perlu ada dalam diri masing-masing, apalagi menyangkut hubungan dengan anak. Untuk itu, jadilah orangtua yang berkualitas dalam segala hal demi menjadikan anak kita unggul di masa depan,” terang Erna.

Sementara itu, Kepala MIP Al Muhajirin Depok 2, Mulharyety Syas mengatakan, seminar parenting sangat diperlukan untuk orangtua siswa, guna meningkatkan pengetahuan mereka dan guru dalam mendidik dan menangani masalah sosial saat ini.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para orangtua dan guru dapat memperbaiki pola asuh dan menjadi pembimbing yang lebih baik lagi,” ujarnya. (san)