DIKUNJUNGI WARGA: Penampakan gedung Puskesmas Cilodong yang selalu ramai pelayanan. Foto: Indra Siregar / Radar Depok
DIKUNJUNGI WARGA: Penampakan gedung Puskesmas Cilodong yang selalu ramai pelayanan. Foto: Indra Siregar / Radar Depok

Kehadiran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang beroperasi selama 24 jam di Kota Depok disambut antusias oleh masyarakat. Dengan adanya penambahan jam pelayanan di puskesmas membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan setiap saat.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

RADARDEPOK.COM – Di dalam gedung Puskesmas Cilodong, tampak masyarakat memenuhi bangku tunggu pelayanan yang disediakan pengelola Puskesmas.

Fahmi, salah satu warga yang sedang mengantri pelayanan di sana mengatakan, dia sangat senang menyambut dibukanya program pelayanan Puskesmas 24 jam.

“Menurut saya dibukanya pelayanan 24 jam di puskesmas sangat membantu warga, terutama yang bersifat kegawat daruratan,” tutur Fahmi Husaeni yang duduk di bangku besi.

Fahmi yang juga warga RW05, Kelurahan Sukmajaya mengakui, pelayanan di Puskesmas juga sudah semakin baik. Apalagi, sejak diterapkan pendaftaran online, pelayanan semakin mudah dan cepat.

“Sekarang kita tidak perlu harus ke Puskesmas untuk ambil nomor antrean, tetapi bisa daftar secara online. Sehingga saat ke Puskesmas, kita tidak menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Riska Imani, warga RW01 Kelurahan Kalimulya, berharap, penambahan jam pelayanan di Puskesmas diimbangi pula dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal tersebut, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tetap maksimal.

“Saya harapkan ada dokter yang selalu siaga di Puskesmas, terutama jika ada pasien yang butuh penanganan segera,” tambahnya.

Terkait hal itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong, Ambar Widjajanti menuturkan, demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya menyiapkan sebanyak enam orang dokter yang bertugas tiga sif, secara bergantian.

“Untuk shift pagi kita tugaskan sebanyak tiga orang dokter, shift sore dua orang dokter, dan shift malam satu orang dokter,” tutupnya. (*)