Beranda Pendidikan SMP PGRI 1 Gelar Doa Bersama

SMP PGRI 1 Gelar Doa Bersama

0
SMP PGRI 1 Gelar Doa Bersama
Ratusan siswa memadati halaman sekolah saat menggelar acara doa bersama sekaligus Peringatan Isra Miraj di SMP PGRI 1 Depok, di Jalan belimbing 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (29/3). Foto: SANI/RADAR DEPOK
Ratusan siswa memadati halaman sekolah saat menggelar acara doa bersama sekaligus Peringatan Isra Miraj di SMP PGRI 1 Depok, di Jalan belimbing 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (29/3). Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Serangkaian ujian bagi kelas IX sudah di depan mata, tepatnya 1 April 2019 mereka melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Kertas Pensil (USKP). Serta tiga minggu berturut-turut sampai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebelum memulainya, 700 siswa SMP PGRI 1 Depok menggelar doa bersama, kemarin (29/3) di halaman sekolah.

Kepala SMP PGRI 1 Depok, Muhammad Taufiq Rafiqi mengatakan, doa bersama sebelum ujian merupakan agenda rutin tahunan di sekolah tempatnya memimpin. Tujuannya, supaya peserta didik lebih siap menghadapi ujian.

“Senin (1/4) kelas IX sudah mulai berjibaku dengan ujian, kami berharap mereka dapat menyelesaikan segala ujian ini dan mendapatkan hasil terbaik. Maka dari itu sebelumnya kami laksanakan dulu doa bersama demi kelancaran bersama,” kata Taufiq kepada Radar Depok.

Acara doa bersama dimulai pukul 07:00 hingga 11:00. kegiatan bermula dari salat duha, zikir, membaca surat Yassin, ceramah dari guru Pendidikan Agama Islam dan pemebkalan motivasi dari Rumah Quran.

Tema yang diangkat pada motivasi kali ini, yakni ‘Yang Muda Yang Sukses Dunia Akhirat di Usia Muda’. Dimana para siswa lulusan SMP PGRI 1 Depok dapat menjadi pemimpin yang amanah, soleh dan solehah di masa depan.

“Tentu tidak serta merta mereka harus punya motivasi, ikhtiar dengan belajar, dan juga batinnya diperdalam agar dunia dan akhirat seimbang, tak ketinggalan tawakal,” ujar Taufiq.

Dia menjelaskan, ketika siswa duduk di kelas IX mereka mendapatkan materi motivasi dari guru PAI. Jadi tidak hanya fokus pada kegiatan belajar mengajar di bidang akademik, juga spiritual. Serta mereka juga telah mengikuti pembekalan materi sejak November 2018.

Selain doa bersama juga digabung dengan Peringatan Isra Miraj. Disini siswa diingatkan untuk tidak meninggalkan salat lima waktu sekaligus memperbanyak amal kebaikan.

“Kunci utama keberhasilan di masa depan adalah menjaga solat dan amal perbuatan baik, untuk itu kami tanamkan sejak dini kepada siswa SMP PGRI 1 Depok,” terangnya.

Tidak hanya siswa muslim yang mengikuti doan bersama, tapi siswa non muslim juga menggelar kegiatan yang sama dengan pembina rohani kristen di sekolah.(san)