Beranda Pendidikan Tradisi Basuh Kaki Orang Tua

Tradisi Basuh Kaki Orang Tua

0
Tradisi Basuh Kaki Orang Tua
PENGHORMATAN: Siswa kelas IX di SMPN 24 Depok mengadakan kegiatan membasuh kaki orang tua sebagai tradisi menjelang pelaksanaan rangkaian ujian di sekolah. Foto: SANI/RADAR DEPOK

PENGHORMATAN: Siswa kelas IX di SMPN 24 Depok mengadakan kegiatan membasuh kaki orang tua sebagai tradisi menjelang pelaksanaan rangkaian ujian di sekolah. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Menjelang pelaksanaan berbagai macam ujian untuk siswa kelas IX, SMPN 24 Depok mengadakan kegiatan pemberian motivasi. Tidak hanya itu saja, tetapi dalam kegiatan tersebut, juga ada tradisi yang memang diadakan tiap tahunnya untuk siswa dari SMPN yang berlokasi di Jalan Keramat Leuwinanggung RT3/9, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, yakni sungkeman dengan orang tua siswa.

Kepala SMPN 24 Depok, Farida Nurbaiti mengatakan, tradisi sungkeman dengan orang tua adalah kegiatan yang diadakan tiap tahunnya menjelang berbagai ujian di sekolah. Dimana sungkemannya adalah mencuci kaki orang tuanya, sebagai bentuk rasa hormat dan berbakti kepada orang tua. Oleh karena itu, dalam kegiatan tersebut, orang tua pun turut hadir di sekolah.

“Ini bagian dari pembentukan karakter siswa, yang memiliki rasa hormat, menghargai, dan berbakti kepada orang tua. Jadi, ini untuk meminta restu dan doa dari orang tua agar bisa menjalani serangkaian ujian di sekolah dengan baik dan lancar,” ucapnya kepada Radar Depok.

Farida menuturkan, tahun ini ada 118 siswa kelas IX di SMPN 24 Depok. Mereka semua terbagi dalam tiga rombongan belajar (rombel). Mereka diberikan motivasi agar memiliki semangat untuk siswa dalam menjalani ujian-ujian di sekolah. Tidak hanya itu saja, dalam pemberian motivasi tersebut, siswa diberikan penjelasan tentang menghormati dan menghargai orang tua dan guru.

“Ujian yang akan dijalani siswa di sekolah, yakni Ujian Sekolah Kertas dan Pensil (USKP) dari 1 – 4 April 2019, lalu 9 – 20 April 2019 Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), dan 22 – 25 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” katanya. (san)