RADARDEPOK.COM, DEPOK– Menjelang keberangkatan, para calon jamaah haji (Calhaj) harus melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, tahap 1 jamaah haji reguler terdapat 1.464 calon jamaah sudah melunasi BPIH dari 1.708 kuota, per Selasa (9/4).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Asnawi mengatakan, calon jamaah haji yang berhak melunasi BPIH tahap 1 sebanyak 1.708 orang. Berarti tersisa 244 jamaah belum melunasi sampai batas waktu 15 April 2019.

“Alhamdulillah tinggal sedikit lagi yang belum melunasi, sekitar 244 jamaah. Karena yang sudah bayar ada 1.464 jamaah per Selasa 9 April 2019,” kata Asnawi kepada Radar Depok, kemarin.

Pelunasan BPIH tahap 1 sudah berlangsung sejak 19 Maret 2019 dan berakhir pada 15 April 2019. Asnawi menuturkan, bahwa setiap harinya jumlah jamaah yang melunasi BPIH tahap 1 terus bertambah sekitar 20 sampai 30 jamaah.

“Diharapkan sampai batas akhir penutupan pelunasan BPIH reguler tahap 1 seluruh jamaah melunasinya,  karena waktu yang tersisa tinggal lima hari lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Depok, Fauzan mengungkapkan, apabila sampai batas akhir pelunasan tahap 1 masih ada jamaah yang belum melunasi BPIH. Kuota yang tersisa akan diisi oleh calon jamaah yang masuk dalam tahap 2.

“Misal tersisa 100 jamaah yang tidak bisa melunasi pada tahun ini, mereka harus mengirim surat keterangan kepada kami alasan tidak mampu melunasi BPIH. Nanti kuota itu akan digantikan dengan jamaah lain yang sudah dianggap cukup untuk berangkat haji,” ungkapnya.

Pembukaan pelunasan BPIH tahap 2 akan dibuka mulai 30 April hingga 10 Mei 2019. Mereka yang berhak melunasi di tahapan kedua, seperti pendamping lansia, pendamping mahrom, jamaah yang pernah berangkat haji sebelumnya kemudian berkesempatan berangkat lagi.

Serta kuota cadangan lima persen yang disiapkan Kota Depok, dan jamaah yang mengalami gagal sistem saat pelunasan di Bank Syariah masing-masing jamaah. “Nama-nama yang ada di tahap 2 nanti akan terlihat di sistem dari PHU Kemenag Pusat,” ujarnya.

Fauzan menjelaskan, setelah jamaah melunasi BPIH mereka masih harus mengikuti beberapa prosedur lainnya sebelum keberangkatan. Meliputi, pemeriksaan biometrik untuk mengenali ciri-ciri fisik, karakter, dan perilaku calon jamaah. Sebelum jamaah membuat Visa.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Manasik Haji yang diperkirakan mulai dilaksanakan Mei 2019. Setelah itu diakhiri dengan pengumuman kloter keberangkatan masing-masing jamaah.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, kita sama-sama berdoa untuk calon jamaah haji Kota Depok,” pungkas Fauzan. (san)