HEBAT: Siswa-siswa yang berhasil menjadi juara di gelaran Pasanggiri tingkat Kota Depok. Foto: DICKY/RADAR DEPOK
HEBAT: Siswa-siswa yang berhasil menjadi juara di gelaran Pasanggiri tingkat Kota Depok. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kegiatan Pasanggiri tingkat Kota Depok kembali di gelar. Bertempat di Sekolah Al Azhar, ada sekitar 627 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kota Depok berkompetisi untuk menjadi juara di Pasanggiri yang ke-13 di Kota Depok dan berangkat ke Lomba Pasanggiri tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ketua Panitia Pasanggiri tingkat Kota Depok, Aas Sutisna mengatakan, total ada enam mata lomba yang dipertandingkan. Diantaranya, pupuh, kawih, maca sajak, maca biantara, ngadongeng, maca jeung nulis aksara sunda, dan semuanya dibagi dalam dua kategori yakni siswa putra dan putri.

“Rincian peserta yang ikut berdasarkan jenjang pendidikan, yakni SD ada 227 peserta, SMP ada 245 peserta, dan SMA/SMK ada 155 peserta,” ucapnya kepada Radar Depok.

Dalam mencari siswa yang terbaik menjadi wakil Kota Depok di Pasanggiri tingkat Provinsi Jawa Barat, Aas melibatkan juri-juri dari guru SD, SMP, dan SMA. Bahkan ada beberapa pengawas dan orang yang profesional serta seniman, seperti dari Ikatan Budaya Sunda (IBS).

Berdasarkan catatan di tahun lalu, perwakilan dari Kota Depok di Pasanggiri tingkat Provinsi Jawa Barat, di mata lomba Maca Sajak meraih juara tiga, dan lomba maca jeung nulis aksara sunda berhasil menjadi juara dua. Oleh karena itu, nantinya siswa yang menjadi juara pertama, akan mendapatkan pembinaan terlebih dahulu sebelum bersaing dengan siswa-siswa terbaik dari kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Hanya juara 1 dari tiap mata lomba saja yang akan menjadi wakil kota di Pasanggiri tingkat Provinsi Jawa Barat. (dic)