Beranda Metropolis 4 Kompetensi Keahlian USK di SMKN 2

4 Kompetensi Keahlian USK di SMKN 2

0
4 Kompetensi Keahlian USK di SMKN 2
UJIAN: Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin sedang memberikan arahan kepada siswa kelas XII tentang USK yang diadakan pihaknya. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

UJIAN: Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin sedang memberikan arahan kepada siswa kelas XII tentang USK yang diadakan pihaknya. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Tahun 2019 menjadi tahun ketiga SMKN 2 Depok menjadi Tempat Uji Kompetensi (USK). Dimana ada empat kompetensi keahlian di SMKN yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sukmajaya tersebut sudah termasuk dalam Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) P1 SMKN 2 Depok berlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin mengatakan, penyelenggaraan TUK untuk Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) siswa sudah dimulai sekolahnya dari 2017. Dan empat kompetensi keahlian yang ada LSP P1 SMKN 2 Depok, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio-Video (TAV), Tata Boga, dan Tata Busana.

“Kompetensi keahlian Tata Boga kerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Pembukaan uji kompetensi untuk program keahlian Tata Boga, TAV, TITL, dan Tata Busana diikuti sejumlah 517 siswa yang didalamnya sudah termasuk sekolah jejaring,” ucapnya

Tatang menuturkan, dengan mengikuti USK dan lulus, siswa akan mendapatkan sertifikat berlambangkan logo garuda yang dikeluarkan oleh BNSP. Dimana sertifikat tersebut, menunjukan kalau kompetensi yang dimiliki orang tersebut sudah diakui di dunia usaha dan dunia industri. Bahkan, sudah di akui di beberapa negara di kawasan Asia.

“USK ini ditujukan untuk kelas XII,” terangnya.

Sementara itu Ketua LSP P1 SMKN 2 Depok, Yunizar menuturkan, selain siswa kelas XII dari SMKN 2 Depok yang ikut di USK, ada juga dua SMK jejaring yang menjadikan LSP P1 SMKN 2 Depok sebagai TUK untuk siswanya, yakni SMK Perwira Bangsa untuk kompetensi keahlian Tata Boga dan TAV, lalu ada SMK Wisata 2 Perintis untuk kompetensi keahlian Tata Boga.

“Siswanya akan menjalani serangkian tes, ada wawancara, tertulis, dan ujian praktik. Semoga siswa yang ikut serta bisa lulus semua sebagai bekal mereka saat terjun ke duni kerja,” katanya. (dic)