Beranda Satelit Depok Cipas Kukuhkan 64 Jumantik

Cipas Kukuhkan 64 Jumantik

0
Cipas Kukuhkan 64 Jumantik
PENGUKUHAN : Para kader Jumantik Kelurahan Cipas dalam suatu kegiatan dengan UPF Puskesmas Cipas. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
PENGUKUHAN : Para kader Jumantik Kelurahan Cipas dalam suatu kegiatan dengan UPF Puskesmas Cipas. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIPAS – Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis saat ini telah memiliki 64 kader juru pemantau jentik (jumantik). Hal ini ditandai dengan pengukuhan yang dilaksanakan di kantor kelurahan setempat, Senin (1/4).

Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cipas, Silvia Susanti menjelaskan, pasca dilantik, seluruh kader Jumantik memiliki tugas untuk melakukan pemantauan dan pencegahan berkembangnya jentik nyamuk di lingkungan masyarakat untuk mencegah wabah demam berdarah dengue (DBD).

“Seluruh kader ini sudah dikukuhkan dan dibagi sesuai wilayah tempat tinggalnya untuk memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan tempat yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk,” tutur Silvia.

Ia mengungkapkan, sebanyak 55 orang kader ditetapkan sebagai koordinator di setiap RW dan ditambah dengan sembilan kader disetiap RW sebagai supervisor. Silvia berharap dengan adanya kader jumanti tersebut dapat memaksimalkan pencegahan DBD di Kelurahan Cipas.

“Dengan begitu diharapkan nantinya jumlah penderita DBD dapat terus menurun. Pencegahan ini harus dimulai dari dasar, dengan adanya kader ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk peduli dan perhatian terhadap lingkungan sekitar agar jentik nyamuk tidak mewabah,” pungkasnya. (dra)