Beranda Metropolis Darah Penderita Chikungunya Diuji Lab

Darah Penderita Chikungunya Diuji Lab

0
Darah Penderita Chikungunya Diuji Lab
SUNTIK: Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini saat sedang mengambil sample darah penderita cikungunya. Foto: Puskesmas FOR RADAR DEPOK
SUNTIK: Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini saat sedang mengambil sample darah penderita cikungunya. Foto: Puskesmas FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Penanganan wabah chikungunya di Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung ditangani serius.  Kemarin, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Ratujaya mengambil sample darah penderita chikungunya. Lahkah tersebut dilakukan lantaran jumlah penderita penyakit lumpuh mendadak ini semakin bertamabah tiap harinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, chikungunya bisa sembuh sendiri. “Chikungunya bisa sembuh sendiri, meski tidak dengan penanganan khusus,” kata Novarita kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut harus diimbangi dengan budaya hidup bersih. “Itukan penyakit yang ditularkan memalui virus, jadi lingkungannya harus diperhatikan, biasakan melakukan budaya hidup bersih,” terang Novarita.

Dia menjelaskan, warga juga harus memperhatikan asupan makanan yang akan dimakan. Masyarakat harus memakan makanan sehat untuk daya tahan tubuh. “Dia juga kan dapat obat saat berobat ke puskesmas, dengan itu saja bisa sembuh,” tegas Novarita cetus.

Novarita mengaku, sudah mengambil sample darah dari warga yang terdampak chikungunya, untuk diteliti di laboratorium untuk mengetahui hasil lab. “Kita masih menunggu hasil lab selama 14 hari,” tutur Novarita.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini menegaskan, sudah melakukan pengambilan sample darah penderita chikungunya. “Kami ambil sample darah, untuk kemudian kami serahkan ke Dinas Kesehatan Kota Depok,” singkat Frovira Brilyandini. (rub)