Beranda Satelit Depok Duren Mekar dapat Septicktank Komunal

Duren Mekar dapat Septicktank Komunal

0
Duren Mekar dapat Septicktank Komunal
DIBANGUN: Salah satu titik pembangunan septicktank komunal di RW1, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK
DIBANGUN: Salah satu titik pembangunan septicktank komunal di RW1, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DURENMEKAR – Masyarakat Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, tampak sumringah. Musababnya, Pemkot Depok melalui Dinas Perumahan Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) membangun 80 unit septicktank komunal di empat RW yang menjadi usulan pada program kegiatan 2018.

Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi mengatakan, pembuatan septicktank komunal di Kelurahan Duren Mekar, merupakan ajuan kegiatan pada tahun 2018, untuk mewujudkan jambaninsasi yang sehat, sesuai ketentuan Pemkot Depok. Untuk itu, pada awal tahun ini pengajuan tersebut dapat terealisasi.

“Saat ini sedang dilakukan kegiatan penggalian septicktank komunal,” ujar Kahfi kepada Radar Depok, kemarin.

Kahfi menjelaskan, 80 septicktank tersebut disebar di empat RW diwilayah Duren Mekar. RW yang mendapatkan pembangunan septictank komunal yakni, RW1, RW2, RW3, dan RW6. Setiap RW mendapatkan 20 titik pembangunan. Pembangunan tersebut untuk meminimalisir masyarakat menggunakan jamban atau empang saat buang air besar.

Kahfi menuturkan, setiap satu septicktank komunal berukuran 600 liter dapat digunakan untuk empat hingga lima orang atau satu kepala keluarga. Untuk septicktank komunal ukuran 900 liter dapat digunakan lebih dari dua anggota kepala keluarga. Kahfi meminta, masyarakat yang mendapatkan septicktank komunal untuk merawat dan menjaga pembangunan yang diberikan Pemkot Depok tersebut.

“Semoga pemberian bantuan yang diberikan dapat mencegah lingkungan kumuh di Duren Mekar,” tutup Kahfi. (dic)