Beranda Metropolis Kemendagri Ajak Pemuda Gelorakan Pemilu

Kemendagri Ajak Pemuda Gelorakan Pemilu

0
Kemendagri Ajak Pemuda Gelorakan Pemilu
Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar (tengah) bersama Ketua KPU Depok sosialisasi Pemilu 2019 di Kecamatan Cinere, kemarin (31/3). Foto: SANI/RADAR DEPOK
Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar (tengah) bersama Ketua KPU Depok sosialisasi Pemilu 2019 di Kecamatan Cinere, kemarin (31/3). Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pelaksanaan Pemilihan umum 2019 kurang dari satu bulan lagi. Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, menyambangi pemilih pemula di Kecamatan Cinere. Hal ini berlandaskan masih minimnya tingkat pemahaman pemuda dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar menekankan pentingnya sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula dan kaum milenial. Pasalnya, tingkat pemahaman dan partisipasi mereka dianggap masih minim dan belum memadai dalam menghadapi hari H pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 nanti.

“Dari dialog awal tadi kelihatan sekali tingkat pemahaman anak-anak kita ini yang akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 memang belum cukup banyak informasi yang didapat. Pemahaman surat suara, bagaimana cara mencoblos, itu hampir blank mereka itu,” kata Bahtiar usai menjadi narasumber dalam sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula di Kecamatan Cinere, Minggu (31/03).

Dengan gencar dan masifnya sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula, Bahtiar mengharapkan adanya transfer pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan politik. Sekaligus membentuk para pemilih yang rasional dan cerdas serta mampu melahirkan pemimpin cerdas.

“Dengan adanya kegiatan simulasi pemilu hari ini, maka paling tidak para pemilih pemula nanti mereka lebih lancar dalam proses pencoblosan. Kemudian kita harapkan mereka tidak asal mencoblos, tapi juga diajarkan menjadi pemilih cerdas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bahtiar meminta forum atau sosialisasi Pemilu 2019 khususnya bagi pemilih pemula dapat dihadirkan dan digerakkan di seluruh wilayah.

“Kegiatan seperti ini semestinya digerakkan di seluruh daerah, di seluruh wilayah kecamatan, baik dilakukan oleh LSM, KPU maupun organisasi masyarakat lainnya. Jangan sampai pemilih pemula kita tidak menggunakan hak pilihnya hanya karena ketidaktahuannya atau kekurangan informasi atau sebagainya,” harapnya.

Dia juga mengapresiasi Forum Anak Cinere yang masih duduk di bangku kelas XI dan XII memiliki kepedulian sangat tinggi dan kesadaran untuk ikut membantu penyelenggaraan pemilu dan pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan simulasi pemilu.

“Mereka anak muda calon pemimpin terbaik bangsa kedepan. Kelompok muda seperti ini patut kita apresiasi dan menjadi teladan bagi anak muda lainnya diseluruh Indonesia,” tutur Bahtiar yang juga sebagai Juru Bicara Kemendagri RI.

Dirinya berharap melalui simulasi ini dapat menyukseskan jalannya Pemilu 2019 yang lancar, aman, tertib dan damai. “Dari Cinere Depok mari kita gelorakan semangat para pemilih pemula Indonesia untuk hadir ke TPS 17 April 2019,” pungkasnya.(san)