Beranda Metropolis Mapres UI Melaju ke Nasional

Mapres UI Melaju ke Nasional

0
Mapres UI Melaju ke Nasional
APRESIASI: Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, di malam apresiasi prestasi mahasiswa UI, kemarin. Foto: UI For RADAR DEPOK
APRESIASI: Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, di malam apresiasi prestasi mahasiswa UI, kemarin. Foto: UI For RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK-I Gede Sthitaprajna Virananda, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Dan Fedora Lola mahasiswa Program Vokasi Jurusan Akademi Perkantoran dan Sekretari, terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama, jenjang Sarjana dan Vokasi Universitas Indonesia (UI) 2019. Mereka akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional, April 2019 mendatang.

Finalis Mahasiswa Berprestasi UI merupakan 14 mahasiswa berprestasi Program Sarjana (S1), dan 3 mahasiswa Program Vokasi dari seluruh program studi di lingkungan UI. Sebelumnya mereka telah lolos seleksi di tingkat Fakultas.

“Selamat kepada pemenang. Semoga di Tingkat Nasional mereka bisa tampil yang terbaik dan membanggakan Universitas Indonesia sehingga bisa menjadi wakil juga di taraf internasional,” kata Rektor UI, Muhammad Anis kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Pemilihan Mapres Utama UI, merupakan acara tahunan. Pada 2019 tema pemilihan mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional adalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Selain pemilihan Mapres Utama UI, Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2019, juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran.

Anis berharap, kegiatan ini dapat terus memicu para mahasiswa UI untuk melakukan kegiatan positif di lingkungan kampus maupun masyarakat. Baik itu bidang akademis, maupun non akademis yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif.

“Harapan lainnya adalah untuk memicu kecerdasan komprehensif mahasiswa, di dalam menyeimbangkan hard skills dan soft skills,” pungkasnya.

Selain dua Mapres Utama UI, kampus yang berlokasi di kawasan Beji itu juga memberikan penghargaan kepada 17 finalis Mapres lainnya. Para finalis tersebut akan diprioritaskan sebagai delegasi UI di tingkat nasional maupun internasional.

Pemenang Mapres Utama UI Program Sarjana mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp 10 Juta. Sedangkan pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp7 Juta. Sistem penilaian Mapres Utama UI 2019 berdasarkan penilaian CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes, kemampuan bahasa inggris dan karakter dan kepribadian.(san)