AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK TAK BERFUNGSI : Pejalan kaki saat menyeberang di area Pelican Crossing di kawasan Jalan Margonda Raya, Rabu (10/4). Lampu penyeberang jalan tersebut sudah mati dalam beberapa hari dan dikeluhkan oleh warga yang ingin menyeberang.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Belum genap satu tahun beroperasi, Pelican Crossing di Jalan Margonda Raya tepatnya sebelum Gramedia Depok mengalami gangguan. Diketahui sudah dua hari lampu tersebut tidak berfungsi, sehingga pejalan kaki kesulitan saat menyeberang.

Seperti yang di alami mahasiswa Universitas Indonesia, Yuni Ermaliza mengaku sulit ketika hendak menyeberang ke arah Halte Pondok Cina. Sebab banyak pengendara yang tidak mau berhenti, karena lampu dan tombol pelican crossing tidak berfungsi.

“Gara-gara lampunya mati jadi susah nyeberang, pengendara pada kencang mengendarai kendaraannya. Kira-kira udah nggak berfungsi dari Selasa (9/4) deh, saya lewat sini terus soalnya,” kata Yuni kepada Radar Depok, saat ditemui di lokasi, kemarin (10/4).

Hal yang sama dirasakan pengendara ojek daring, Irvan Harsanal warga Sukmajaya. Dia mengaku, tidak berfungsinya lampu dan tombol di pelican crossing membuat kemacetan di Jalan Margonda Raya. Karena baik pejalan kaki dan pengendara tidak ada yang mau mengalah.

“Hampir aja ada yang ketabrak tadi karena kencang dan nggak melihat ada orang yang nyeberang. Bahaya ini kalau lampunya tidak berfungsi,” tuturnya.

Pantauan Radar Depok di lokasi, arus lalu lintas cenderung padat. Kendaraan roda dua dan empat baik dari Depok menuju Jakarta dan sebaliknya, terlihat memadati kedua ruas jalan. Tidak sedikit pengendara yang tetap melintas saat pejalan kaki menyeberang.

Tidak hanya di pelican crossing, beberapa lampu lalu lintas di sepanjang Jalan Margonda Raya juga mengalami pemadaman. Seperti di persimpangan Ramanda. Sehingga terjadi kemacetan panjang di ruas jalan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengungkapkan, bahwa padamnya lampu lalu lintas tersebut karena terdapat gangguan jaringan listrik di PLN.

“Jaringan listrik PLN nya bermasalah, traffic lightnya tidak masalah,” ungkapnya.

Dari laporan yang masuk, lanjut Dadang, adanya perbaikan gardu aktif PLN yang berakibat terjadinya lonjakan tegangan sehingga ada kabel PLN yang putus di sejumlah lampu lalu lintas.

“Kita sudah berkoordinasi dengan PLN dan teknisi Dinas Perhubungan turun pada jam 19.30 lampu lalu lintas sudah normal kembali,” pungkasnya. (san)