KEGIATAN: MIT Raudlatul Ulum mengadakan kegiatan pramuka, Persari untuk siswa kelas I - III dan Persami untuk siswa kelas IV - VI. Foto: DICKY/RADAR DEPOK
KEGIATAN: MIT Raudlatul Ulum mengadakan kegiatan pramuka, Persari untuk siswa kelas I – III dan Persami untuk siswa kelas IV – VI. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – MI Terpadu (MIT) Raudlatul Ulum mengadakan kegiatan pramuka untuk siswa-siswanya dari tingkat kelas I sampai dengan VI, turut serta dalam kegiatan tersebut. Tetapi, untuk konsep kegiatannya dibagi dua, untuk kelas I – III dan kelas IV – VI.

Kepala MIT Raudlatul Ulum, Ida Maulida mengatakan, kegiatannya dibagi dua konsep sesuai dengan tingkat kelas dan kemampuan siswa. Pertama, untuk siswa kelas I – III mengikuti kegiatan pramuka Perkemahan Satu Hari (Persari), yang diadakan pada Sabtu (6/4) dari pukul 07.00 – 13.00 WIB.

“Kegiatannya memang belum bisa banyak untuk siswa kelas I-III, tetapi lebih kepada pengenalan pramuka dengan berbagai kegiatannya yang menyenangkan dan bermanfaat,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sedangkan untuk siswa kelas IV – VI, kegiatannya adalah Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) yang dimulai dari 6 – 5 April 2019, yakni dari 13.00 WIB di hari Sabtu, dan 09.00 WIB di hari Minggu. Acara puncaknya berlangsung pada malam hari, yakni dengan ada penampilan siswa dan hiburan api unggun.

“Karena semakin banyaknya kegiatan pramuka untuk siswa kelas IV – VI, maka kegiatannya diadakan dua hari sampai menginap,” terangnya.

Ida menuturkan, ada banyak manfaat dalam kegiatan kepramukaan tersebut. Salah satunya adalah pembentukan karakter, dimana berpengaruh pada sikap dan mental siswa. Selain itu, kegiatan Persari dan Persami juga untuk melatih kedisiplinan, sikap bertanggungjawab, tolong menolong, kerjasama dan lain-lain.

“Kegiatan pramuka ini, tentunya bisa berjalan dengan baik, selain adanya peran dari guru-guru MIT Raudlatul Ulum, juga ada dukungan dari orang tua,” katanya. (dic)