MAKSIMALKAN KINERJA : Kader jumantik Harjamukti saat mengikuti pembinaan yang diberikan UPF Puskesmas Harjamukti. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MAKSIMALKAN KINERJA : Kader jumantik Harjamukti saat mengikuti pembinaan yang diberikan UPF Puskesmas Harjamukti. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, HARJAMUKTI – Memantapkan komitmen dalam memberantas perkembangbiakan nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya, Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti rutin memberikan pembinaan kepada para kader juru pemantau jentik (jumantik) di Kelurahan Harjamukti.

Kepala UPF Puskesmas Harjamukti, Rahma Dewi mengatakan, Upaya tersebut dilakukan sebagai langkah untuk memaksimalkan peran kader jumantik dalam melakukan pemantauan di tiap rumah warga. Sehingga, perkembangbiakan nyamuk bisa ditekan.

“Pembinaan dilakukan setiap Jumat. Pelaksanaannya dilakukan usai para kader jumantik tugas di lapangan. Ini rutin, agar kader jumantik agar kami dapat mengetahui hasil pemantauan di rumah warga,” tutur Rahma, kepada Radar Depok, Kamis (11/4).

Dijelaskan Rahma, kader jumantik tiap minggunya melakukan pelaporan hasil kunjungan kepada pihak Puskesmas. Dalam laporan tersebut, jika didapati salah satu rumah warga positif ada jentik nyamuk, nantinya dilakukan pemeriksaan langsung oleh tenaga kesehatan.

“Petugas kami akan langsung datang jika ada yang positif jentik nyamuk untuk segera dilakukan pembasmian agar tidak mewabah,” tambahnya.

Rahma berpesan kepada semua kader jumantik untuk maksimal dalam menjalankan tugasnya. Tentunya sebagai langkah dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan terbebas dari jentik nyamuk.

“Para kader jumantik harus memaksimalkan kinerjanya, agar lingkungan kita terbebas dari DBD,” pungkasnya. (dra)