Beranda Satelit Depok RW14 Bojongsari Gelar PPA

RW14 Bojongsari Gelar PPA

0
RW14 Bojongsari Gelar PPA
SERU: Sejumlah anak sedang bermain permainan tradisional di lingkungan RW14, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK
SERU: Sejumlah anak sedang bermain permainan tradisional di lingkungan RW14, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Tidak dapat dipungkiri gadget yang banyak digandrungi anak, kerap menjadi keluhan masyarakat. Kemarin, untuk menghilangkan ketergantungan terhadap gadget, RW14, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, melaksanakan Pekan Permainan Tradisional yang dilaksanakan di Jalan H Kenan, Posyandu Kasih Ibu 14.

Ketua RW14, Daud Sulaiman mengatakan, untuk menjawab dan membantu orang tua melindungi anak dari ketergantungan Gadget dalam hal permainan online, RW14 melaksanakan Pekan Permainan Anak (PPA). Inisiasi tersebut mendapat dukungan dan respon positif dari orang tua dan remaja Bina Taruna.

“Kami ingin memberitahukan anak bahwa permainan tradisional tidak kalah serunya dengan Gadget,” ujar Daud kepada Radar Depok, kemarin.

Daud menjelaskan, sejumlah permainan tradisional diperkenalkan kepada anak, mulai dari permainan lompat tali, enggrang, gasing, congklak, engklek, ular tangga, bola bekel, mobil kaleng, Dam 14, dan sejumlah permainan tradisional lainnya. Sekitar 50 anak antusias mencoba permainan tradisional yang disuguhkan.

Daud menuturkan, PPA akan terus disosialisasikan kepada anak dilingkunagn RW14. Dengan begitu intensitas ketergantungan anak bermain gadget akan berkurang dan lebih menggandrungi permainan tradisional yang memiliki nilai edukatif dan postif. Menurutnya, permainan tradisional sangat membantu perkembangan pola pikir anak menjadi berkembang, sehingga secara tidak langsung mencegah pemusnahan permainan tradisional.

“Satu hal permainan tradisional banyak didapati dari alam lingkungan sekitar,” tutup Daud. (dic)