PROSES HIDUP: Siswa-siswa TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere sedang belajar untuk membersihkan gigi sendiri dalam kegiatan Latihan Dasar Kemandirian. Foto: DICKY/RADAR DEPOK
PROSES HIDUP: Siswa-siswa TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere sedang belajar untuk membersihkan gigi sendiri dalam kegiatan Latihan Dasar Kemandirian. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CINERE – TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kemandirian untuk siswanya. Kegiatan yang ditujukan untuk siswa di TK B tersebut, mengambil tema ‘Aku Bisa Mandiri’.

Ketua Panitia, Anni Roswita Siregar mengatakan, Latihan Dasar Kemandirian sudah menjadi agenda tahunan untuk siswanya. Jadi, siswa tidak hanya diajarkan tentang mata pelajaran, tetapi juga tentang pola dan gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari. Karena, di usia dini pembentukan karakter sangat penting, terutama karakter yang diterapkan dalam keseharian.

“Dimulai dari hal yang sederhana dalam sehari-hari yang diajarkan ke siswa. Itu untuk menjadi kebiasaan yang baik dalam pola hidup,” ucapnya kepada Radar Depok.

Anni menjelaskan, materi yang diadakan di Latihan Dasar Kemandirian, yakni memakai seragam sekolah, merapihkan tas, membersihkan dan merapihkan tempat makan dan botol minuman, cara makan sendiri yang baik, dan sisir rambut sendiri. Semua itu adalah hal-hal sederhana yang setiap hari dilakukan anak-anak.

Dalam kegiatan tersebut, dibagi menjadi empat pos sesuai dengan fungsinya. Pertama ada Pos Dress Up yang terfokus pada kerapihan, Pos Yummy Fruits yang melatih ketaatan, Pos Recycle Craft untuk melatih kreatitas dan menggunakan barang-barang bekas sebagai bentuk peduli lingkungan). Sedangkan pos terakhir, yakni Pos Home sweet Home dimana anak-anak bermain peran sehabis pulang sekolah merapikan, tas,sepatu, tempat makan, seragam.

“Hal-hal sederhana yang menjadi dasar mereka dalam bersikap. Sekolah tidak hanya belajar tentang menjadi orang yang pintar, tetapi menjadi orang yang bisa menjalani hidup dengan baik,” tuturnya. (dic)