Beranda Metropolis Uang Kas Disangka Pungli

Uang Kas Disangka Pungli

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pungutan liar (Pungli) lagi-lagi membuat resah warga. Kali ini menimpa toko-toko swalayan di kawasan Duta Pelni, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya. Diduga adanya kesalahan pahaman di antara warga, Tim Penjaga Gangguan Anti Kerusuhan (Jaguar) bergegas ke lokasi tersebut dan mengamankan terduga pungli.

Kepala Tim Jaguar Polresta Depok, Iptu Winam Agus mengatakan, penangkapan terduga pelaku pungli berawal dari keresahan masyarakat, yang dipublikasikan media sosial Instagram. Terkait adanya pungutan sebesar Rp50 ribu, dan meminta rokok ke toko-toko swalayan tersebut.

“Ya kita sudah amankan terduga pelakunya,” kata Winam kepada Radar Depok, Senin (1/4).

Dari pengakuan terduga pelaku, lanjut Winam, pemungutan tersebut dilakukan karena pada awalnya ada kesepakatan antara RT dengan para pelaku usaha di wilayah tersebut.

“Jadi sebenernya pelaku itu adalah staf RT, dia mungut uang itu karena memang ada kesepakatan antara pelaku usaha dengan RT. Uang itu nantinya dipakai buat kas RT,” ujarnya.

Winam menuturkan, perjanjian tersebut sudah berlangsung sejak lama. Dia menduga bahwa warganet yang mengunduh video ke media sosial tersebut tidak mengetahui, adanya perjanjian di kedua belah pihak. Sehingga menimbulkan persepsi negatif di antara warga.

Dia pun juga mengungkapkan, pihaknya telah mempertemukan terduga pelaku dengan RT dan pelaku usaha tersebut.

“Setelah kita pertemukan ketiganya ternyata memang benar adanya perjanjian pemungutan uang tersebut. Jadi tidak sampai ditahan,” pungkas Winam. (san)