Beranda Metropolis Vonis Narkoba Semakin Rendah

Vonis Narkoba Semakin Rendah

0

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Semangat pemberantasan narkoba di Kota Depok, tidak sejalan dengan putusan pengadilan yang memvonis jauh lebih rendah dari tuntutan. Seperti yang terjadi di PN Depok, terdakwa M Aldi Firmansyah divonis 1 Tahun, dari tuntutan 4 Tahun 6 bulan.

Sidang dengan Terdakwa M Aldi Firmansyah, digelar pada hari Senin (1/4) di PN Depok, dengan agenda Sidang, Pembacaan Vonis yang dipimpin oleh Hakim Ketua Majelis Nanang Herjunanto, Hakim Anggota Yuanne, dan Hakim Anggota Rizky Nazario.

Dalam Pembacaan Amar Putusannya, Hakim Ketua Majelis Nanang Herjunanto memaparkan dalam sidang yang terbuka untuk umum.

“Terdakwa  M Aldi Firmansyah, terbukti secara Sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Penyalahgunaan Narkotika Golongan 1 bagi diri sendiri, sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 127 ayat(1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009, tentang Narkotika, untuk itu menjatuhkan Vonis Kepada Terdakwa selama 1 Tahun Hukuman Penjara” kata Nanag di muka persidangan.

Nanang, memerintahkan agar barang bukti berupa satu bungkus klip yang berisi sabu dengan berat netto 0,0837 gram satu tas merk Eiger, dan satu alat hisap Bong dirampas untuk dimusnahkan.

Jaksa Penuntut Umum, Adhi Prasetyo Handoko, dengan tegas mengatakan, akan mengajukan Banding atas Putusan Hakim yang jauh Turun dari Tuntutan. Kejaksaan Negeri Depok, mengambil Sikap Banding terhadap Vonis Hakim tersebut.

“Kami menuntut Terdakwa M Aldi Firmansyah, karena telah terbukti dan meyakinkan, bersalah telah melakukan tindak Pidana,Memiliki, menyimpan dan menguasai Narkotika Golongan 1, Jenis Sabu, sebagaimana diatur dalam pasal 112 ayat(1) UU RI NO 35 tahun 2009 tentang Narkotika, maka kami menuntut Terdakwa dengan Pidana Penjara 4 tahun 6 bulan, barang bukti Sabu dengan berat 0,0837 gram, tas Eiger, alat hisap Bong dirampas untuk dimusnahkan,” kata Nanang.

Pihaknya dengan tegas menyatakan Banding, atas Vonis Hakim selama 1 tahun penjara, dan akan membuktikan Tuntutan kami 4 tahun 6 bulan, dengan Langkah Hukum selanjutnya, Langkah Banding. (rub)