DIPERBAIKI : Petugas Satgas SDA PUPR Kota Depok sedang memperbaiki sebuah sudut tanggul Kalilaya yang jebol. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
DIPERBAIKI : Petugas Satgas SDA PUPR Kota Depok sedang memperbaiki sebuah sudut tanggul Kalilaya yang jebol. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Tingginya intensitas hujan yang menerpa Kota Depok beberapa hari belakangan ini, membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok selalu siaga. Selain menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) maupun sarana dan prasarananya, DPUPR juga meminta warga yang tinggal di bantaran Kalilaya untuk selalu waspada.

“Bagi warga yang tinggal di bantaran kali, khususnya Kalilaya yang sudah beberapa kali mengalami jebol tanggul, untuk waspada terhadap ancaman tersebut. Karena daerah ini cukup rawan adanya potensi air kali meluap atau tanggul ambrol,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra, belum lama ini.

Menurut pengamatan di lapangan, ada potensi jebol di titik yang lain. Karena, debit air yang masuk tidak sebanding dengan kapasitas yang dimiliki Kalilaya.

“Kalilaya memang rawan jebol tanggul, karena tidak bisa menampung debit air yang masuk. Jadi kewaspadaan warga perlu ditingkatkan. Sambil kami berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir bahaya tersebut,” ucapnya.

Tak hanya itu, dia  juga mengajak peran serta masyarakat untuk melaporkan adanya potensi longsor dan banjir di wilayah, sebelum peristiwa terjadi. Hal ini agar keselamatan warga bisa terlindungi.

“Kami memiliki Satgas yang selalu bersiaga menerima laporan warga dan melakukan penanganan. Untuk itu, kerja sama perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan. Semoga kita semua terlindungi dari musibah akibat cuaca ekstrem,” ucapnya. (dra)