KEGIATAN: SMP Muhammadiyah 19 Sawangan mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) untuk siswa kelas VII dan VIII yang jumlahnya ada 115 siswa. Foto: PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Dalam rangka mengisi kegiatan positif di Bulan Ramadan, SMP Muhammadiyah 19 Sawangan mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) untuk siswa kelas VII dan VIII yang jumlahnya ada 115 siswa.

Ketua panitia, Sayanah mengatakan, ada berbagai macam kegiatan yang diadakan dalam kegiatan tersebut. Tentunya, kegiatan yang bisa meningkatkan akhlak dan keimanan siswa. Diantaranya ada tentang ibadah, akhlak, dan kemuhammadiyahan.

“Tiap harinya selama dua hari kegiatan dari tanggal 20-21 Mei 2019, diawali dengan salat duha dan tadarus bersama,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sayanah menuturkan, tetapi di hari kedua tidak hanya ada kegiatan keagamaan saja, tetapi diadakan juga kegiatan bakti sosial. Dimana, diadakan pembagian santunan kepada siswa yatim, yang jumlahnya ada 13 siswa yang berasal dari kelas VII dan VIII. Setiap siswa diberikan paket sembako.

“Ini adalah kegiatan dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa. Ini adalah kegiatan yang sudah dua tahun diadakan, dan diharapkan bisa menjadi kegiatan tahunan untuk tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Sayanah menjelaskan, dengan adanya kegiatan sanlat tersebut, diharapkan bisa mempererat silaturahmi antar siswa lain kelas. Karena, selama ini mereka kerap hanya berkomunikasi dengan siswa dikelasnya masing-masing. Selain itu, bisa menambah wawasan tentang keagamaan dan bisa menciptakan akhlak yang lebih baik lagi kedepannya.

“Meskipun singkat, hanya dua hari semoga saja tujuan dari kegiatan sanlat bisa tercapai,” terangnya. (peb)