HAFAL: Kepala SD Cakra Buana, Karmila Budiwati sedang memberikan sambutannya dalam kegiatan Program Khatam dan Wisuda Tahfidz juz 30. Foto: PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – SD Cakra Buana yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoranmas mengelar Program Khatam dan Wisuda Tahfidz juz 30 untuk siswa-siswanya. Total ada 55 siswa yang Khatam Alquran dan ada 81 siswa yang ikut Wisuda Tahfidz.

Ketua Panitia, Ahmad Shoffil Mundzir mengatakan, untuk Wisuda Tahfidz adalah kegiatan perdana. Sedangkan, unthk program Khatam Alquran, merupakan angkatan ke-4.

“Waktunya bertepatan dengan momen Bulan Ramadan yang penuh dengan kebaikan, kami mengadakan khatam dan tahfidz Alquran,” ucapnya.

Shoffil mengatakan, Program Tahfidz dan Khatam Alquran dilakukan melalui pembiasaan keseharian mereka selama keberlangsungan tahun ajaran. Jadi, tidak hanya pihak sekolah atau guru agama saja yang bergerak, tetapi ada juga kerjasama dengan orang tua siswa.

“Tentunya program dan kegiatan sekolah, harus mendapatkan dukungan dari orang tua siswa, agar bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Shoffil menjelaskan, untuk Wisuda Tahfidz Alquran, levelnya adalah juz 30. Mereka ada juga yang baru setengah juz 30 ataupun ada juga yang baru seperempat dari isi di juz 30. Jadi, pada wisuda tersebut, para pengujinya selain dari guru agama, ada juga dari orang tua siswa.

Dengan adanya program Alquran tersebut, selain untuk menjalani sunnah Rasulullah, diharapkan siswa semakin mendalami dan menghayati ajaran agama Islam. Sehingga dapat menghasilkan siswa-siswa dengan akhlaqul karimah. Mengasah keterampilan siswa dalam menghafalkan quran, Sekaligus merupakan salah satu upaya mempertahankan kemurnian Alquran.

“Jadi, mereka membacakan atau melanjutkan ayat yang disampaikan oleh para penguji. Surat dari para penguji pun secara acak, tetapi sesuai dengan hafalan mereka,” terangnya. (peb)